Jenis Kelinci Hias dan Harganya

Jenis Kelinci Hias – Kelinci merupakan salah satu hewan peliharaan terfavorit di Indonesia. Ia memiliki penampilan yang lucu dan juga imut, tak heran jika banyak yang menggemarinya.

Ketika memelihara kelinci kamu harus memiliki kandang yang cukup besar supaya hewan lucu tersebut begerak bergerak secara leluasa.

Selain itu kamu juga harus memberi makanan yang bergizi dan vitamin supaya kelinci tidak mudah terserang penyakit.

Di Indonesia, kelinci dibedakan menjadi dua tipe, yaitu kelinci pedaging dan kelinci hias. Jenis kelinci pedaging sudah pernah saya ulas dalam artikel sebelumnya. Oleh karena itu pada kesempatan ini Zonahewan.com akan membahas tentang macam macam kelinci hias lengkap dengan harganya.

Jenis Kelinci Hias dan Harganya

1. Kelinci Anggora

Jenis kelinci hiasSumber : alamtani.com

Sama seperti kucing, kelinci juga ada yang tipe Anggora dan kelinci ini juga mempunyai bulu yang cukup lebat. Di luar negeri kelinci anggora di budidayakan untuk diambil bulunya dan dijadikan benang wool yang cukup bagus.

Menirit Wikipedia.org ada 11 ras kelinci anggora dan empat diantaranya sudah diakui oleh American Breeders Association (ARBA), yaitu Angora Prancis, Angora Inggris, Satin Angora dan Giant Angora.

Untuk kisaran harga kelinci anggora yaitu antara Rp. 150.000 – Rp. 2.000.000 tergantung dari besarnya badan dan lebatnya bulu si kelinci.

2. Kelinci Mini Rex

Sumber : bfarm.id

Meski memiliki bulu yang pendek, kelinci yang satu ini terlihat sangat imut karena tubuhnya yang mungil. Selain itu, bulunya yang pendek membuatnya mudah sekali untuk bermain-main.

Dibandingkan dengan jenis lain, Mini Rex termasuk kelinci yang sangat kecil, beratnya saja hanya sekitar 1-2kg. Meski begitu kelinci ini terolong kelinci yang mewah karena panampilan dan bulunya.

Untuk harga kelinci tipe satu ini berkisar Rp. 150.000 – Rp. 2.000.000 tergantung dari umur kelinci tersebut.

3. Kelinci Dutch

Kelinci Dutch

Seperti namanya yang terdapat kata Dutch, kelinci Dutch merupakan kelinci yang berasal dari negara Belanda. Kelinci Dutch memiliki ciri khas yaitu pada warnanya yang memiliki kombinasi warna kuning, abu-abu, coklat serta putih yang nampak sederhana namun sangat menggemaskan.

Sama dengan kelinci Mini Rex, kelinci Dutch juga mempunyai banda yang tidak terlalu besar, berat berkisar 1-2,5 kg. Untuk rentan harga kelinci dutch ini yaitu berkisar Rp. 135.000 – Rp. 2.000.000.

4. Kelinci Flemish Giant

jenis kelinci hiasSumber : phoenixhillna.org

Seperti namanya, kelinci Flemish Giant mempunyai ukuran tubuh yang besar, ia merupakan jenis kelinci paling besar yang pernah ada. Flemish Giant dewasa memiliki bobot sekitar 6kg, bahkan tak jarang yang mempunyai bobot lebih dari itu.

Dengan ukuran yang besar kelinci ini kerap dijadikan sebagai kelinci pedaging. Namun ada banyak pecinta kelinci yang menjadikan Flemish Giant karena gemas melihatnya.

Untuk rentang harga dari kelinci ini bisa dibilang cukuplah mahal yaitu berkisar Rp. 500.000 – Rp. 10.000.000 tergantung dari usia dan bobonya.

 5. Kelinci New Zealand

jenis kelinci hiasSumber : dictio.id

Tidak seperti namanya yaitu Kelinci New Zealand, kelinci ini sejatinya berasal dari negara Paman Sam alias Amerika Serikat. Kelinci ini memiliki ciri-ciri berbadan putih tidak terlalu besar dan memiliki warna mata merah menyala.

Kelinci New Zealand sering sekali muncul di televisi maupun di acara-acara sulap, kelinci ini juga cocok sebagai hewan peliharaan keluarga dirumah karena badannya yang mungil dan sangat menggemaskan.

Harga kelinci ini dibandrol berkisar Rp. 250.000 – Rp. 1.000.000 tergantung dari besarnya badan dan keindahan si kelinci tersebut.

6. Kelinci Himalayan

jenis kelinci hiasSumber : sinauternak.com

Kelinci Himalayan mempunyait penampilan yang sangat khas dan unik, kamu bisa melihatnya sendiri dari gambar diatas.

Bagian tubuh kelinci himalaya di dominasi dengan warna putih, sedangkan pada bagian telinga, mulut, kaki dan ekor memiliki warna yang lebih gelap, seperti hitam.

Harga kelinci himalaya dibandrol cukup murah, untuk anakan berusia 1-3 bulan harganya berkisar Rp. 50.000 – Rp. 150.000. Sedangkan yang berusia 3 bulan lebih hingga dewasa sekitar Rp.150.000 – Rp. 700.000.

7. Kelinci English Lop

jenis kelinci hiasSumber : phoenixhillna.org

Jenis kelinci English Lop cukup terkenal di Indonesia karena mempunyait penampilan yang imut. Kelinci ini mempunyai keunikan yang terletak pada telinganya yang akan memanjang kebawah sampai bisa menyentuh lantai.

Badannya kelinci english lop terlihat tidaklah terlalu besar, namun untuk beratnya sendiri tergolong lumayan berat yaitu berkisar 4-6 kg.

Harga kelinci english lop ini cukup bervareasi, untuk yang masih berumur 3 bulan rata-rata dibandrol seharga Rp. 250.000. Sedagkan yang berumur 5 bulan rata-rata dibandrol Rp. 500.000.

8. Kelinci French Lop

kelinci french lopSumber : rizkiutami123.blogspot.com

Kelinci ini merupakan hasil dari perkawinan antar kelinci English Lop dan kelinci Flemish Giant. Uniknya, kelinci French Lop mempunyai ciri dari kedua induknya, yaitu berbadan besar dan mempunyai telinga yang turun kebawah.

Bobot kelinci French Lop ini bisa mencapai 6kg sehingga menjadi kelinci lop paling besar dibanding dengan lop lainnya. Harga kelinci ini cukup bervareasi, untuk French Lop usia 2-3 bulan dibandrol seharga Rp. 250.000, umur 3-4 bulan sekitar Rp. 350.000 dan 4-5 bulan sekitar Rp. 500.000 – Rp. 2.500.000.

9. Kelinci Netherland Dwarf

Kelinci netherland dwarfSumber : kelincipedia.com

Kelinci Netherland Dwarf merupakan jenis kelinci hias yang sangat kecil, beratnya hanya sekitar 500 gram – 1,3 kg. Dengan ukuran tersebut kelinci ini terlihat sangat imut.

Harga kelinci Netherland Dwarf ini relatif terkjangkau yaitu sekitar Rp. 50.000 – Rp. 200.000 untuk yang berusia 1-3 bulan. Oh iya, meski terlihat imut dan menggemaskan, namun kelinci ini suka menggigit, jadi sebaiknya jauhkan ia dari anak-anak.

10. Kelinci Lokal

Kelinci lokalSumber : hobinyong.com

Jenis kelinci hias yang terakhir yang mungkin wajib kamu ketahui adalah Kelinci Lokal. Kelinci ini asli dari Indonesia yang banyak sekali di kembang biakan oleh masyarakat, karena mudah dbudidayakan.

Untuk harga dari kelinci lokal sangatlah murah kamu dapat membelinya dengan harga Rp. 50.000 – 250.000 saja, tergantung ukuran yang ingin kamu beli.

Demikianlah jenis jenis kelinci hias yang populer di Indonesia, semoga daftar tersebut bisa menjadi referensi bagi kalian yang ingin memelihara kelinci hias dirumah.

Tinggalkan komentar