HOME
Home » Burung » Burung Kacer » Cara Menjinakan Burung Kacer

Cara Menjinakan Burung Kacer

Posted at September 23rd, 2022 | Categorised in Burung, Burung Kacer

Cara Menjinakan Burung Kacer – Halo mas bro, kembali lagi kita di Zonahewan.com untuk tentang burung kicau.

Nah pembahasan kita kali ini yaitu tentang cara bikin burung kacer jinak dan gacor. Mungkin terdengar sepele ya, namun masih banyak kicaumania yang susah menjinakan burung kacer.

Oleh karena itu mimin Zonahewan tertarik untuk membagikan tips dan triknya dibawah ini.

Cara Menjinakan Burung Kacer

Membuat burung kacer menjadi jinak merupakan hal yang wajib sobat lakukan. Hal ini supaya burung bisa mengeluarkan potensi kicaunya secara maksimal.

Burung yang tidak jinak atau masih gerabakan biasanya akan sulit berkicau dengan baik ketika ada orang disekitarnya, bahkan cenderung diam. Oleh karena itu, menjinakan kacer peliharaan adalah hal yang wajib.

Berikut ini cara menjinakan burung kacer yang giras atau hasil pikatan hutan.

Cara Menjinakan Burung Kacer

1. Biarkan Burung Lapar

Jika biasanya membuka krodong burung pada pagi hari lalu memberinya makan, lain halnya ketika kita hendak menjinakan burung.

Jadi burung pada pagi hari tetap dalam keadaan dikrodong hingga siang hari sekitar jam 12.00 dan tidak diberi pakan tambahan (EF) apapun.

Setelah siang silahkan buka krodong burung tersebut, kemudian ambil pakan voer yang berada dalam sangkar. Biarkan cepuk air minum tetap dalam sangkar agar burung tidak dehidrasi.

Sementara waktu biarkan burung tanpa pakan dalam sangkar. Kemudian lanjutkan tahap selanjutnya.

Catatan : Terapi lapar ini hanya untuk burung yang sudah voer total. Untuk burung bahan yang berlum voer total sebaiknya jangan lakukan terapi lapar.

2. Memandikan Burung

Cara Bikin Kacer Jinak

Sambil menunggu burung merasa lapar, kita bisa melajutkanya dengan memandikan burung.

Cara memandikanya yaitu menggunakan metode keramba atau membiarkan burung mandi sendiri. Jadi cukup sediakan air dalam cepuk yang besar agar burung bisa mandi didalamnya.

Ingat!!! Jangan memandikan burung kacer yang masih giras dengan metode semprot karena bisa membuatnya tambah giras.

Setelah burung selesai mandi, selanjutnya buang air sisa mandi lalu angin-anginkan sebentar.

3. Memberi EF Menggunakan Tangan

Tahap ketiga ini adalah tahap yang paling penting. Setelah burung merasa lapar selanjutnya beri ia pakan tambahan berupa jangkrik menggunakan tangan secara langsung.

Burung yang sudah lapar terpaksa memberanikan diri untuk mendekati manusia dan menerima pemberianya. Dengan cara ini perlahan burung akan mengerti bahwa manusia tidak perlu ditakuti dan burung akan jinak.

Lakukan cara ini secara konsisten supaya burung kacer cepat jinak. Untuk sobat yang bisa bisa melakukanya dua kali dalam seminggu.

Baca juga :

Demikianlah cara menjinakan burung kacer yang giras. Silahkan sobat terapkan dan semoga burung kacer kalian cepat jinak dan gacor.

Tags :

Related Post to Cara Menjinakan Burung Kacer

Download Suara Burung Tengkek Udang Mp3

Suara Burung Tengkek Udang

Posted at 25 Januari 2023

Halo teman-teman, kembali lagi dengan zonahewan.com, Pada kesempatan yang baik ini mimin akan membagikan kolekis suara burung tengkek udang untuk masteran. Tengkek udang atau raja... Read More

Download Suara Burung Walet Mp3

Suara Burung Walet

Posted at 19 Januari 2023

Download Suara Burung Walet Mp3 – Walet memang bukan burung pengicau yang mempunyai suara atau bulu indah. Namun burung ini memiliki sesuatu yang bernilai... Read More

Burung Kutilang

Burung Kutilang

Posted at 16 Desember 2022

Burung Kutilang merupakan jenis burung cucak yang paling populer di Indonesia. Burung ini mudah dijumpai diberbagai daerah sebab populasinya masih terjaga. Kutilang atau Pycnonotus... Read More

burung kecil

Jenis Burung Kecil

Posted at 12 Desember 2022

Jenis Burung Kecil – Tidak hanya burung kicau bertubuh sedang saja yang memiliki suara merdu, namun ada juga burung bertubuh kecil yang suaranya tak... Read More

Makanan Burung Jalak Suren

Makanan Burung Jalak Suren

Posted at 10 Desember 2022

Makanan Burung Jalak Suren – Ketika ingin merawat seekor burung, tentu kita harus tahu apa saja jenis pakan burung tersebut, termasuk saat merawat jalak... Read More