Cara Merawat Burung Gelatik

Cara Merawat Burung Gelatik Batu – Burung gelatik merupakan burung bertubuh kecil yang mempunyai banyak penggemar di Indonesia.

Selain karena penampilannya yang bagus, suara burung gelatik yang khas juga menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan sering dijadikan sebagai burung masteran.

Untuk memiliki burung gelatik yang gacor dan rajin berkicau, kita harus merawatnya dengan baik dan konsisten.

Secara umum perawatan burung gelatik tidak jauh beda dari perawatan burung kicau lain. Untuk sobat yang belum paham pola perawatan burung gelatik, silahkan simak artikel berikut ini.

Cara Merawat Burung Gelatik

Cara Merawat Burung Gelatik Batu

Burung gelatik mempunyai kemampuan adaptasi yang bagus, bahkan lebih bagus dari burung kicau lokal. Tak heran jika banyak kicaumania yang tertarik memeliharanya, sebab dengan sedikit perwatan yang tepat kamu bisa mempunyai gelatik yang lincah, gacor dan rajin berkicau.

Berikut ini pola perawatan gelatik batu agar cepat gacor :

  • Jam 06.00 pagi hari lakukan pengembunan. Caranya gantang burung diluar rumah pada tempat yang akan terpapar sinar matahari secara langsung ketika terbit. Lakukan pengembunan secara rutin, namun perhatikan juga kondisi cuaca.
  • Saat proses pengembunan, berikan 1 sendok teh kroto dan 2 ulat honkong dalam cepuk pakan.
  • Setelah matahari terbit, ambil cepuk pakan dan air minum lalu mandikan burung dengan cara semprot atau membiarkan burung mandi sendiri dengan menyediakan air dengan nampan kecil yang dimasukan kedalam sangkar.
  • Setelah selesai mandi, angin-angin burung supaya bulu cepat kering. Jangan lupa ganti pakan voer dan air minum lalu kembalikan lagi kedalam sangkar.
  • Berikan pakan tambahan berupa ulat hongkong dan jangkrik, masing-masing 3 ekor.
  • Supaya burung cepat jinak, berikan pakan tambahan tersebut menggunakan tangan anda secara lansung.
  • Jemur burung selama 1-2 jam, kemudian pindahkan ke tempat yang teduh. Berikan lagi ½ sendok teh kroto dan 1 ekor ulat hongkong.
  • Saat siang hingga sore hari lakukan pemasteran menggunakan kicauan gelatik yang sudah gacor. Apabila belum punya, silakan download suara burung gelatik mp3 dalam website ini.
  • Ketika sudah sore, berikan pakan tambahan lagi berupa 3 ekor jangkrik dan 3 ekor ulat hongkong.
  • Pada malam hari kerodong sangkar dan biarkan burung beristirahat.

Baca juga :

Itulah cara merawat burung gelatik batu biar cepat gacor dan rajin berkicau. Lakukan proses perawatan tersebut secara konsisiten supaya mendapatkan hasil yang memuaskan.

Tinggalkan komentar