Zona Hewan Seseorang yang hidup di desa, hobi menulis, memelihara aneka hewan dan senang bertani organik !

Cara Merawat Kelinci

2 min read

cara merawat kelinci

Cara Merawat Kelinci – Kelinci merupakan hewan yang bisa dibilang sangatlah imut dan lucu yang sangat cocok dijadikan hewan peliharaan untuk menghibur anak-anak ketika di rumah, menghibur dikala penatnya bekerja seharian di kantor dan masih banyak kegunaan lainnya ketika melihara hewan satu ini.

Jika kamu ingin memelihara seekor kelinci maka akan mendapatkan manfaat-manfaatnya antara lain : Dapat melatih disiplin kamu karena seekor kelinci harus diberi makan 3 hari sekali, Dapat kamu manfaatkan untuk membersihkan rumput disekitar rumah.

Dapat menjadi contoh agar anak kamu menjadi suka memakan sayur-sayur an, dan juga dapat menambah pengetahuan kamu dalam memelihara jenis hewan satu ini.

Merawat seekor kelinci bisa dibilang susah-susah gampang, karena kelinci memiliki makanan khusus dan lain sebagainya, apabila kamu belum mengetahuinya maka bisa membaca artikel ini sampai habia agar membantu kamu dalam memelihara hewan ini.

Cara Merawat Kelinci yang Baik dan Benar

1. Pastikan Kadang Nyaman

cara merawat kelinciSumber : id.pinterest.com

Hal pertama yang sangat penting untuk memelihara kelinci adalah kandangnya, karena sebuah kandang akan berpengaruh ke pergerakan si kelinci apabila ia dilepaskan di halaman.

Jika kandang yang kamu sediakan untuk si kelinci terlalu kecil mungkin akan membuat si kelinci tidak akan nyaman dan mudah mengalami stress, carilah kandang dengan ukuran yang pas apabila kelinci beranjak besar kamu bisa mencarikannya kandang yang besar pula.

2. Berikan Makanan yang Sesuai

cara merawat kelinciSumber : gerava.com

Kelinci sangat sensitif kepada makanannya tidak bisa sembarang memberi makan si kelinci karena dapat mengakibatkan dia menjadi sakit lambung yang dapat membuat dia mencret dan menjadi sakit yang diharuskan membawanya ke dokter hewan.

Makanan yang cocok untuk si kelinci adalah : Wortel, Selada, Kankung, Tomat, Biji-bijian banyak sekali biji-bijian yang bisa dimakan oleh si kelinici, Ubi Jalar, Tomat, dan masih banyak lagi.

Atau kamu bisa membaca artikel berikut : Makanan Kelinci

3. Cara Memegang Kelinci

memegang kelinciSumber : mangyono.com

Pastikan lagi kamu memegang kelinci yang benar jangan asal menarik telinga si kelinci karena ditelinga tersebut kelinci menyimpan saraf-sarafnya yang jika kita tarik bisa saja merusak jaringan saraf tersebut.

Berikut ini cara memegang kelinci yang benar :

  • Ketika ingin mengangkat gunakanlah kedua tangan kamu.
  • Satu tangan untuk menopang bagian dada si kelinci dan satunya lagi memegang bagian belakang kelinci.
  • Hati-hati ketika mengangkatnya dan perlahanlah.

4. Berikan Minum

berikan minumSumber : nanosmartfilter.com

Ya sama seperti makhluk hidup lainnya, kelinci pun perlu yang namanya minum, walaupun kalau kita perhatikan kelinci jarang sekali minum berbeda dengan kucing namun sangatlah penting untuk kita berikan minum ke kelinci.

Berikanlah minuman yang terjamin kebersihannya, atau kamu bisa memberikan minum yang biasa kamu minum sehari-hari seperti air galon atau air isi ulang.

Karena jika kamu memberi air yang kurang jernih atau air sembarang kelinci kamu bisa menjadi sakit dan menjadi tidak napsu makan.

5. Peliharalah Lebih dari 1 Kelinci

cara merawat kelinciSumber : phoenixhillna.org

Apabila kamu berniat untuk merawat atau memelihara kelinci pastikan tidak hanya satu saja yang dipelihara karena jika hanya satu maka ia akan kesepian, atau kamu bisa mengakalinya dengan membeli sepasang yang memang pasangan dari kecil karena bisa kamu kembang biakan.

6. Sering Ajak Bermain

ajak bermainSumber : id.wikihow.com

Ajaklah kelinci peliharaan kamu bermain minimal sehari sekali agar ia merasa nyaman ketika kamu pelihara, karena kelinci pun tidak kalah dengan hewan seperti anjing, kucing, burung, dan hewan peliharaan lainnya yang dapat diajak bermain.

7. Jauhkan dari Benda Elektronik

elektronikSumber : salamadian.com

Karena kebiasaan dari seekor kelinci adalah menggerogoti apapun yang ada dihadapannya maka wajib bagi kamu apabila memiliki kelinci untuk menjauhkannya dari berbagai macam kabel yang sifatnya mudah untuk digigit oleh kelinci, yang dapat juga mencelakainya.

8. Sediakan Mainan Untuk Kelinci

cara merawat kelinciSumber : my-best.id

Sama seperti kucing yang sangat senang jika memiliki mainan khusus, maka kelinci pun akan senang apabila kamu menyediakan mainan untuk dia karena dapat menghidari dia dari yang namanya stress.

Mainan yang cocok untuk kelinci adalah mainan yang dapat ia gigit-gigit karena akan melatih gigi si kelinci dan pastikan mainan tersebut tidak melukai kelinci tersebut.

9. Menjaga Kesehatan

cara merawat kelinciSumber : news.trubus.id

Kesehatan untuk berbagai macam hewan ialah sangatlah penting karena jika dia sakit bisa saja mati ataupun lemas yang membuat kita menjadi khawatir, rutinlah mengecek keseahatan kelinci ke dokter-dokter hewan terdekat dari rumah kamu.

10. Sediakan Tempat Buang Air

cara merawat kelinciSumber : everybodygoesblog.com

Cara merawat kelinci yang terakhir adalah menyediakan ia tempat untuk buang air, karena kelinci biasanya buang air selalu ditempat yang sama terus menerus. Pastikan setiap pagi tempat tesebut bersih lagi karena apabila kotor itu juga dapat menjadi sarang penyakit untuk si kelinci dan membuat kamu sebagai pemelihara mencium bau tidak enak.

Zona Hewan Seseorang yang hidup di desa, hobi menulis, memelihara aneka hewan dan senang bertani organik !

Makanan Kelinci

Zona Hewan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *