Zona Hewan Seseorang yang hidup di desa, hobi menulis, memelihara aneka hewan dan senang bertani organik !

Cara Memilih Burung Merpati Tinggian yang Bagus

3 min read

Ekor

Cara Memilih Burung Merpati Tinggian – Burung merpati atau yang bisa disebut burung merpati juga sering menjadi peliharaan bagi setiap orang yang memiliki hobby balap burung merpati atau yang sekedar peliharaan dirumah.

Terkadang sebagai pemula memilih peliharaan satu ini terkadang salah dan membeli burung yang kurang bagus yang mengakibatkan kita menyesal ketika sudah membelinya.

Padahal untuk memahami burung mana yang kurang bagus dan yang cukup bagus bisa dibilang susah-susah gampang karena harus teliti dari setiap bagian-bagian tubuh dari si burung merpati atau merpati.

Untuk memilih burung merpati sesuai yang kita butuhkan kadang sangatlah sulit karena terkadang cocok-cocok an dengan si burung merpati tersebut. Kamu bisa meminta tolong yang sudah berpengalaman apabila ingin mencari burung merpati yang sangat bagus.

Atau kamu bisa membaca artikel ini sampai selesai, karena kami dari zonahewan.com akan membantu kamu dalam memilih burung merpati atau merpati yang bagus.

Cara Memilih Burung Merpati yang Bagus

1. Bulu

BuluSumber : burungnya.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mengecek bahwa burung merpati atau merpati yang kamu beli adalah memperhatikan dari segi bulunya.

Apabila bulu si merpati atau burung merpati tampak berkilau-kilau saat terkena matahari secara langsung atau terkena panasnya siang hari, dan juga bulu yang agak basah ataupun kering itu juga bagus, dan perhatikan apabila bulu tersebut lancip-lancip maka kurang bagus.

2. Mata

cara memilih burung merpatiSumber : danstrefour.blogspot.com

Layaknya memerhatikan kebanyakan hewan, mata juga berpengaruh ke bagus tidaknya si burung merpati ini. Kamu dapat meperhatikan pada bagian pupil atau bulat kecil pada bagian hitam tengah pada mata.

Apabila mata dari siburung merpati ini baik maka dia akan merangsang atau merespon dari sinar matahari dengan sangat cepat, dan otomatis pupil akan mengecil ketika terkena sinar matahari dan pastikan itu benar-benar mengecil. Dan akan otomatis kembali ke normal apabila tidak terkena sinar matahari kembali.

Cari burung merpati atau merpati yang mempunyai cincin lingkar menempel pada biji mata bisa yang berwarna hijau. Cari juga yang memiliki 2 warna mata, warna yang dapat kamu pilih yaitu bisa kuning tua dengan kombinasi kuning muda, dan juga merah dengan putih atau merah tua dengan warna hijau tua.

3. Kepala

KepalaSumber : Pixabay.com

Ciri ketiga yang dapat kamu gunakan untuk memilih burung merpati yang bagus ada memerhatikan bentuk kepalanya, kamu dapat mencari merpati yang memiliki bentuk kepala yang cukup besar dengan batok kepala depan lebih tinggi daripada kepala bagian belakang.

Kali ini agak sedikit ribet, kamu boleh memilih kemiringan yang terdapat pada pangkal hidung dengan atas batok kepala dengan sudut 45 derajat sampai dengan 60 derajat. Apabila kamu sudah pernah melihat berbagai bentuk muka burung merpati dan ingin membeli yang bagus pastikan lagi bahwa muka burung merpati tersebut terlihat agak galak.

4. Tubuh

TubuhSumber : arenahewan.com

Tubuh merupakan bagian yang sangat penting bagi setiap hewan bahkan semua hewan. Kamu dapat melihat bagus atau tidaknya si hewan tersebut dari segi badannya atau tubuhnya.

Burung merpati atau Merpati yang baik adalah yang memiliki postur tubuh yang jantung atau berbentuk seperti jantung pisang. Dan kamu ketika memegang tubuhnya atau dagingnya agak lentur, ketika lentur tersebut memudahkan si hewan untuk bermanuver menukik kebawah dengan cepat.

5. Paruh

ParuhSumber : dunia.tempo.co

Yang hanya kita tau paruh burung berfungsi untuk membantu dalam memakan jagung atau makanan burung lainnya, namun ternyata paruh pada burung juga dapat membantu kamu dalam mengindentifikasi si burung baik atau tidak untuk dijadikan hewan peliharaan dirumah.

Jika kamu ingin mencari burung merpati yang bagus pilihlah yang memiliki paruh panjang dari ujung hidung sampai dengan ujung paruh si burung dan pastikan lebih pendek dari jarak pangkal hidung ke batok kepala depan.

6. Hidung

HidungSumber : omkicau.com

Walaupun hanya bagian kecil dari si burung merpati ini namun kamu harus memerhatikan dengan teliti apabila ingin membeli burung merpati yang berpenampilan baik.

Kamu dapat memilih burung merpati yang hidungnya sangat besar atau agak besar, panjang, dan juga menggembung, dan pastikan lagi bahwa pangkal hidung burung merpati menjorok kebelakang.

Apabila kamu ingin membeli burung merpati prambon pastikan lagi bahwa hidungnya besar, panjang, dan melekat ke paruh ciri-ciri tersebut adalah ciri yang bagus apabila terdapat pada merpati prambon.

7. Sayap

SayapSumber : burungmerpat.com

Sayap merupakan bagian yang sangat penting bagi setiap burung, apalagi untuk burung merpati karena digunakan untuk menukik apabila kamu ingin menggunakannya untuk balap.

Saran kami adalah kamu memilih sayap burung merpati yang masih tebal, tidak ada gelombang, sangat lebar, masih kencang, rapat diantara bulu yang satu dengan lainnya, dan juga pastikan ujung bulu masih runcing.

Pastikan lagi bahwa si sayap burung ini masih sangat kuat, lentur dan tidak kaku ketika terbang. Pilih juga merpati yang Tulang bulu sayap besar, kuat dan lentur pada ujung bulu.

8. Leher

LeherSumber : awalbiru.com

Sahabat zonahewan juga harus memperhatikan bagian yang satu ini yang mungkin kita anggap hanya untuk kelancaran ketika si burung sedang makan namun tidak hanya itu saja, dengan leher yang bagus dan sehat juga dapat menambah baik si burung merpati atau merpati ini.

Kamu dapat memilih leher yang berciri-ciri kuat dan yang tidak telalu panjang ketika dilihat dari tulang dada di burung merpati. Apabila kamu melihat burung merpati yang memiliki leher kuat, tegak, mendongak ke atas ketika melihat suatu benda dan juga kencang maka kamu boleh memilih merpati tersebut.

9. Dada

DadaSumber : burungnya.com

Bagian Dada juga harus diperhatikan dengan teliti, kamu dapat mencari bagian dada yang berbentuk seperti huruf V apabila dilihat dari depan si burung.

Dengan bentuk V nya tersebut maka si merpati menukik atau turun dengan kecepatan yang cukup cepat ke arah yang dia mau atau ke arah si betina. Jangan sampai kamu memilih bentuk dada yang berbentuk seperti huruf O atau bahkan datar karena yang berbentuk itu terkadang kurang baik.

10. Ekor

EkorSumber : hewan.mitalom.com

Ternyata ekor sangat membantu bagi kamu yang ingin mencari burung merpati yang bagus, kamu dapat mencari ekor burung merpati yang memiliki ekor yang rapat tebal dan juga panjang dan dapat disesuaikan oleh nkamu dengan pegangan dan kelenturan.

Ketika kamu pegang maka ekor burung akan tampak menyatu, dan apabila kamu menemuinya pada merpati kecil maka merpati atau burung merpati tersebut akan memiliki kecepatan yang cukup sangat cepat ketika turun atau terbang.

11. Tulang Supit Udang

Tulang Supit UdangSumber : merpatibalaptop.blogspot.com

Kamu dapat memilih tulang supit merpati atau merpati yang ketika diraba oleh tangan terasa sangat kuat dan sangat keras. Pastikan juga jarak Tulang Supit Udangnya 1 cm sampai 2 cm, apabila merpati kamu memiliki jarak supit seperti itu memiliki kecepatan turun yang cukup stabil.

12. Kaki

KakiSumber : cara-memelihara.blogspot.com

Terakhir adalah bagian kaki, karena kaki sangatlah penting bagi setiap hewan yang memilikinya. Kamu dapat memilih kaki burung merpati yang masih terlihat kering dan juga panjang.

Demikianlah cara memilih burung merpati tinggian yang bagus, semoga dengan memperhatikan beberapa ciri tersebut teman-teman bisa mendapatkan burung merpati yang di inginkan.

Zona Hewan Seseorang yang hidup di desa, hobi menulis, memelihara aneka hewan dan senang bertani organik !

Jenis Burung Branjangan

Zona Hewan
1 min read

Suara Burung Branjangan

Zona Hewan
2 min read

Burung Pipit

Zona Hewan
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *