Zona Hewan Seseorang yang hidup di desa, hobi menulis, memelihara aneka hewan dan senang bertani organik !

Makanan Kelinci

2 min read

makanan kelinci

Makanan Kelinci – Sama seperti hewan-hewan lainnya kelinci juga memerlukan makanan yang dapat menunjang kehidupan sehari-hari hewan tersebut seperti untuk tenaga dan agar tidak mudah sakit.

Sudah pasti jika kamu memiliki peliharaan harus memberikan makanan yang bergizi dan bernutrisi untuk peliharaan tersebut.

Dan jangan pernah memberikan makanan untuk peliharaan tersebut secara asal-asalan.

Kenapa? karena apabila kamu memberikan makanan hewan kesayangan dengan cara asal saja, maka hewan tersebut dapat sakit dan bahkan yang lebih parah bisa mati.

Untuk hewan kelinci tidak melulu makanannya harus wortel seperti di film-film ataupun kartun.

Banyak sekali makanan yang dapat kamu berikan ke kelinci peliharaan kamu.

Jika kamu belum mengetahui makanan apa saja yang dapat diberikan ke hewan kelinci, maka simak artikel dari zonahewan.com berikut ini.

Makanan Kelinci yang Sehat dan Bergizi

1. Rumput

makanan kelinciSumber : hobibinatang.com

Yup, kamu tidak salah baca, rumput dapat kamu gunakan sebagai santapan kelinci kesayangan. Eitss, namun tidak asal rumput saja karena kelinci terkadang akan memilih rumput yang ia suka.

Rumput-rumput yang disukai kelinci adalah : Rumput gajah, Rumput alfafa, Rumput teki, Rumput timothy, dan juga rumput kering atau jerami.

Untuk rumput kering tersebut kamu dapat mendapatkannya di berbagai pet shop disekitar rumah kamu.

2. Wortel

makanan kelinciSumber : bernas.id

Kelinci sangat menyukai makanan seperti Wortel, karena sejatinya kelinci pemakan segala jenis sayur-sayuran.

Kamu dapat memberikan wortel ke kelinci kamu karena dalam kandungan wortel banyak sekali manfaatnya.

Kandungan dalam wortel sebagai berikut : Kandungan Vitamin A yang baik untuk tubuh, Kalori, Lemak, Protein, Vitamin B1, Vitamin C, dan masih banyak lainnya.

Namun jangan terlalu sering memberikan wortel ke kelinci karena kandungan gula yang cukup banyak pada wortel yang dapat membuat kelinci kamu mengalami kerusakan pada bagian pencernaan.

3. Kangkung

makanan kelinciSumber : petanisukses.com

Sayuran yang dapat kamu berikan ke kelinci peliharaan kamu selanjutnya adalah kangkung. Kangkung mudah sekali ditanam maupun di beli karena harganya yang bisa terbilang murah.

Apabila kamu ingin memberi kelinci sayuran kangkung pastikan kadar air kangkung sudah berkurang. Kenapa? karena kadar air yang terlalu tinggi bisa menyebabkan kelinci diare / mencret.

4. Pelet Kelinci

makanan kelinciSumber : phoenixhillna.org

Makanan alternatif yang dapat kamu berikan ke kelinci peliharaan adalah Pelet Kelinci. Kamu bisa membeli pelet kelinci ini di pet shop-pet shop yang menyediakan pangan untuk kelinci.

Namun kamu tidak boleh memberikan pelet ini terlalu sering bahkan jangan kamu coba-coba untuk menjadikannya makanan pokok si kelinci, karena pelet kelinci dapat membuat ganguan pencernaan si kelinci. Pastikan kamu mengimbanginya dengan makanan hijau seperti sayur maupun rumput.

5. Selada

makanan kelinciSumber : gerava.com

Sama seperti Kangkung, sayur Selada juga dapat kamu jadikan makanan untuk kelinci kesayangan kamu, dengan memastikan kesegaran si selada maka kamu dapat memberikannya sayur ini.

Selada memiliki kandungan mineral dan vitamin yang baik bagi kelinci yang dapat menjaga kesehatannya.

6. Biji-bijian

makanan kelinciSumber : kelincipedia.com

Biji-bijian dapat kamu berikan kepada kelinci namun dengan cara dihaluskan terlebih dahulu kemudian baru diberikan kepada si kelinci.

Kenapa dihaluskan karena biji-bijian memiliki sifat yang cenderung keras, berbeda dengan sayur-sayuran sebelumnya.

Biji-bijian yang dapat kamu berikan pada kelinci diantaranya yaitu biji jagung, biji bunga matahari, padi, gandum, kacang tanah, dan masih banyak lainnya. Biji-bijian mengandung banyak sekali protein yang sangat bermanfaat untuk si kelinci.

7. Tomat

makanan kelinciSumber : pixabay.com

Tomat memiliki kandungan serat, Vitamin A, Vitamin C, dan juga Antioksidan yang sangat baik bagi tubuh kelinci tersebut.

Manfaat lain dari vitamin tersebut adalah menjaga kesehatan mata si kelinci, membuat sistem kekebalan tubuh si kelinci menjadi sangat bagus dan terhindar dari berbgai macam penyakit.

8. Brokoli

brokoliSumber : aab-edu.net

Brokoli termasuk kedalam jenis kubis-kubisan yang pastinya sangatlah baik bagi kelinci peliharaan kamu. Sayuran brokoli memiliki berbagai macam vitamin diantaranya yaitu Vitamin A, Vitamin E, Vitamin B6, Vitamin C dan juga memiliki kandungan Kalium didalamnya.

Brokoli sangat baik bagi bulu dan kulit si kelinci membuatnya menjadi terawat dan indah ketika dipandang, selain itu juga dapat mencegah kelinci kamu mengalami depresi.

9. Apel

apelSumber : parentingclub.co.id

Siapa yang tidak menyukai buah yang satu ini, yup Apel. Buah apel sangat disukai oleh semua orang. Selain disukai manusia buah satu ini juga sangat disukai hewan yaitu kelinci.

Serat yang terkandung pada buah apel sangat membantu kelinci kamu dalam memperbaiki sistem pencernannya.

Kamu dapat memberikan potongan buah apel ke kelinci kamu setiap harinya, namun jangan berikan biji atau batang apel ke kelinci kamu karena tidak baik untuk hewan tersebut.

10. Sawi

sawiSumber : sultantv.co

Sayur terakhir atau makanan kelinci yang terakhir yang dapat kamu berikan terhadap kelinci kamu adalah Sawi.

Sayuran yang sering dijadikan makanan oleh manusia ini juga cocok diberikan kepada kelinci karena mengandung banyak sekali Vitamin A yang pastinya dapat membuat kelinci kamu menjadi sehat dan tidak mudah terserang oleh penyakit.

Baca juga : Jenis Kelinci Hias dan Harganya

Demikianlah 10 jenis makanan kelinci yang bergizi supaya kelinci cepat besar. Makanan-makanan tersebut bisa diberikan pada kelinci kecil maupun yang sudah dewasa. Nah itu saja dari saya, selamat mencoba dan samapi jumpa diartikel berikutnya.

Zona Hewan Seseorang yang hidup di desa, hobi menulis, memelihara aneka hewan dan senang bertani organik !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *