Zona Hewan Seseorang yang hidup di desa, hobi menulis, memelihara aneka hewan dan senang bertani organik !

Jenis Ikan Cupang

5 min read

Ikan Cupang Halfmoon

Jenis Ikan Cupang – Hallo para Petlovers, untuk mengawali konten dalam situs ZonaHewan.com ini mimin akan membagikan informasi seputar ikan cupang secara lengkap.

Jadi bagi kalian yang menyukai ikan hias, terutama ikan cupang sangat wajib mengikuti artikel ini. Kenapa? karena kalian akan mendapatkan berbagai informasi menarik dan bermanfaat.

Ikan Cupang

Cupang atau Betta sp. merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Vietnam dan Thailand.

Ikan ini bertubuh kecil namun memiliki bentuk dan pola warna unik sehingga menjadi salah satu jenis ikan hias yang paling diminati.

Ciri khas dari ikan cupang yaitu memiliki sirip dan ekor yang panjang, bahkan beberapa jenis cupang memiliki sirip serta ekor yang membentuk setengah lingkaran.

Hal lain yang membuatnya menarik yaitu sifatnya yang agresif. Ia tak segan-segan bertarung untuk mempertahankan wilayahnya.

Dikalangan para pecinta ikan hias, ikan cupang dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu cupang aduan, cupang hias dan cupang liar. Setiap jenis memiliki bentuk dan karakteristik yang berbeda-beda. Penasarankan seperti apa jenis-jenis cupang tersebut? Yuk simak terus artikelnya.

Jenis-Jenis Ikan Cupang dan Gambarnya

Berikut ini beberapa jenis ikan cupang berdasarkan golongan atau kelompoknya.

Ikan Cupang Hias

Cupang hias merupakan jenis ikan cupang yang umumnya memiliki pinampilan yang menarik. Jenis ini biasanya memuliki sirip dan ekor yang menjuntai panjang. Selain itu, jenis ini juga memiliki ragam vreasi warna yang menari seperti merah, ungu, biru, gold, dll.

Ketika berenang, gerakan ikan cupang hias cenderung lamban dan elegan. Ia kerap kali menjukan keanggunannya dengan cara mengibaskan ekor dan siripnya yang panjang.

Selain sebagai hiasan sebenarnya cupang ini bisa dijadikan sebagai cupang aduan, tapi sirip dan ekornya yang indah tersebut pasti akan rusak atau rontok ketika diadu. Hal ini akan merusak keindahan cupang tersebut.

Nah, untuk jenis ini sebaiknya diikutkan sertakan dalam kontes cupang hias yang dinilai dari keindahan baik dari serip dan ekor maupun dari pola warna tubuhnya.

Ciri-ciri Cupang Hias :

  • Memiliki sirip dan ekor yang menjuntai panjang.
  • Warna cerah, bervareasi, menarik dan atraktif.
  • Gerakkannya tenang.
  • Sering mengibaskan sirip dan ekor untuk menunjukan kenaggunannya

Bagi kalian yang tertarik dengan ikan cupang hias silahkan lihat daftar terbaik berikut ini.

1. Cupang Halfmoon

Ikan Cupang Halfmoon

Ikan cupang halfmoon atau cupang setengah bulan merupakan salah satu jenis cupang hias yang paling populer. Cupang halfmoon memiliki bentuk tubuh, sirip dan ekor yang sangat indah.

Sirip dan ekornya menjumbai panjang dan terlihat sangat cantik ketika berenang. Selain itu, jenis cupang ini memiliki berbagai warna yang atraktif, sehingga tak heran jika cupang halfmoon menjadi favorit para pecinta cupang.

2. Cupang Serit

Crown Tail

Crown Tail atau cupang serit adalah jenis cupang hias yang berhasil dikembangbiakan oleh breeder asli Indonesia, tepatnya dari Slipi, Jakarta.

Waktu pertama kali muncul (tahun 1998) cupang ini menjadi tertawaan, sebab dikira sebagai cupang afkir karena sirip dan ekornya yang terlihat seperti sobek-sobek.

Namun pada tahun 2000-an, cupang serit Booming, para pembudidaya mengalami demam cupang serit hingga akhirnya kini menjadi salah satu cupang hias yang populer. Bahkan pernah diikutsertakan dalam ajang International Betta Congress (IBC).

3. Cupang Slayer

Cupang Slayer

Sekilas cupang slayer terlihat sama dengan cupang halfmoon. Namun ketahuilah, bahkan kedua cupang tersebut berbeda jenis.

Tapi, cupang slayer memang dihasilkan dari persilangan antara cupang halfmoon dan cupang serit. Jadi tak heran jika cupang slayer membawa karakter asli sang induk, yaitu sirip dan ekor yang membentuk setengah lingkaran.

Cupang jenis ini sempat menjadi trend para pecinta ikan, terutama anak-anak sekolahan.

4. Cupang Double Tail

Cupang Double Tail

Cupang double tail atau cupang ekor ganda sering disebut juga dengan sebutan cupang cagak. Cupang ini memiliki kunikan pada bagian ekornya yang terbelah menjadi dua bagian.

Ketika sirip dan ekor mengembang dengan sempurna, maka akan terlihat seperti sebauh lingkaran yang hampir utuh. Penampilannya akan terlihat sangat indah dan pasti menyenangkan untuk dipandang.

Namun sayang, jenis cupang double tail ini cukup sulit ditemukan, sebab proses pengembangbiakannya sangat sulit.

5. Cupang Fancy

Cupang Fancy

Cupang Fancy merupakan jenis cupang yang bersal dari Thailand. Jika dilihat dari bentuk tubuhnya, cupang fancy tergolong dalam kategori cupang aduan karena bentuk siripnya yang pendek.

Namun disisi lain, cupang ini memiliki varasi warna yang menarik, bahkan sebagian warna tidak dimiliki oleh cupang lain. Jika kalian beruntung, kalian juga bisa menemukan cupang fancy yang berwarna unik bak sebuah lukisan.

6. Ikan Cupang Veiltail

Ikan Cupang Veiltail

Jika diperhatikan, Cupang Veiltail memiliki sirip dan ekor yang menjumbai panjang, membuatnya terlihat anggun ketika berenang.

Namun sangat disayangkan, tulang pada bagian sirip dan ekor cupang veiltail tidak kuat untuk membuatnya mengembang. Jadi sirip dan ekornya menguncup layu.

Ikan Cupang Aduan

Jika jenis cupang diatas dinilai dari keindahanya, cupang golongan ini dinilai dari seberapa tangguh ia bertahan.

Yups, cupang aduan merupakan jenis ikan cupang yang digunakan sebagai aduan. Kontes mengadu ikan seperti ini masih banyak diadakan, terutama di wilayah Asia Tenggara.

Padahal di wilayah Amerika hal seperti ini sangat dilarang dan tergolong dalam tindak kejahatan sehingga bisa dijatuhi hukuman.

Ikan cupang aduan memiliki postur tubuh yang kokoh, jika diperhatikan ukuran leher hingga ekornya hampir sama. Bagian rahang mulutnya juga terlihat besar dan kuat.

Ketika berenang, gerakannya sangat cepat dan lebih agresif dibanding cupang hias. Siripnya akan langsung mengembang ketika melihat lawan dan tak segan-segan untuk menghajarnya.

Ciri-ciri Cupang Aduan :

  • Bentuk tubuh terlihat kuat dan kokoh.
  • Lebar tubuh ikan mulai dari leher sampai ekor hampir sama.
  • Gerakannya cepat dan agresif.
  • Ketika melihat musuh, siripnya akan mengembang.
  • Bibir terlihat tebal dan kokoh dan mulutnya terkatup rapat.

Berikut ini beberapa jenis cupang aduan yang paling terkenal.

1. Cupang Plakat

Cupang Plakat

Seperti namanya, ikan cupang plakat merupakan jenis cupang aduan yang berasal dari Thailand. Nama “Plakat” sendiri diambil dari bahasa Thai, yang artinya “Ikan Petarung” atau “Ikan Aduan”.

Cupang plakat pertama kali masuk di Indonesia pada tahun 2000-an. Tubuhnya terlihat kokoh dengan sirip dan ekor yang pendek. Bagian bibir terlihat tebal dan kuat, menandakan ikan tersebut agresif dan tak segan-segan bertarung.

2. Cupang Giant

Ikan Cupang Giant

Giant Betta atau ikan cupang giant merupakan jenis ikan cupang terbesar di Dunia. Jenis ikan cupang ini memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih besar dibandingkan dengan ukuran cupang normal, perbandingannya bisa 2-3 kali cupang normal.

Dengan postur yang besar dan tubuh yang terlihat kokok, cunang giant sangat cocok dijadikan sebagai cupang aduan.

3. Betta Splendens

Betta splendens

Cupang splendens merupakan jenis cupang aduan yang sangat populer. Jenis cupang ini diperkirakan telah dibudidayakan sejak tahun 1970.

Ikan ini terkenal dengan stamina yang kuat, namun sayangnya tidak diimbangi dengan sisik dan gigi yang kuat.

Meski tergolong ikan aduan, cupang splendens memiliki penampilan yang menarik. Siri dan ekornya cukup panjang.

Seperti halnya cupang aduan lain, cupang splendens juga memiliki gerakan yang lincah dan agresif. Bahkan ketika dia adu, kebanyakan ikan ini menyerang lawan terlebih dulu.

4. Betta Mahachaiensis

Betta Mahachaiensis

Thailand merupakan negara yang kaya dengan cupang aduan, termasuk cupang mahachaiensis atau Betta mahachaiensis.

Ikan ini ditemukan oleh tim ahli biologi yang dipimpin oleh Dr Chanon Kowasupat di Provinsi Samut Sakhon, Thailand pada tahun 2012.

Bentuk tubuh Betta mahachaiensis sangat khas dengan ikan petarung, tubuhnya terlihat kokok dan juga kuat.

Ikan Cupang Liar

Menurut cerita, pada zaman dahulu ikan cupang mudah ditemui diperairan air tawar Indonesia, seperti rawa, sungai, dll.

Namun bentuk cupang liar atau cupang alam berbeda dengan cupang hias, bentuknya masih polos dan mirip seperti cupang aduan namun terlihat lebih lemah dan tidak agrasif.

Warnanya tidak terlalu mencolok dan kurang bervareatif. Sirip dan ekornya juga pendek. Meskipun begitu, keindahan cupang liar patut diperhitungkan.

Ada beberapa jenis cupang liar yang memiliki warna yang cukup indah, seperti Betta channoides atau cupang berkepala ular yang berasal dari Kalimantan tepatnya di Sungai Mahakam.

Berikut ini beberapa jenis cupang liar / alam yang cukup menawan :

1. Betta Albimarginata

Betta Albimarginata

Cupang Albimarginata merupakan jenis cupang liar yang berasal dari wilayah Kalimantan Timur. Ikan ini memiliki bentuk yang polos dengan sirip dan ekor yang pendek.

Ciri khas dari cupang ini yaitu warna putih yang ada ditepi sirip dan ekor. Hal tersebut juga yang menjadi dasar nama Albimarginata, yang memiliki arti Albi berarti Putih atau Albino dan Margin berarti Tepi jika digabungkan menjadi Ikan cupang bertepi putih.

Oh iya, cupang albimarginata ini termasuk ikan mouthbrooder, yaitu ikan yang mengerami telurnya di dalam mulut.

2. Betta Bellica

Betta Bellica

Cupang Bellica berasal dari negara tetangga yaitu Malaysia. Ikan ini dikenal dengan nama  ikan betah.

Ikan cupang bellica memiliki sirip yang pendek dengan ekor yang membentuk seperti hati.

Di alam liar, ikan ini memiliki kebiasaan melompat dari dalam air ketika akan menangkap mangsanya.

3. Betta Macrostoma

Betta Macrostoma

Betta Macrostoma dikenal juga dengan sebutan Brunei Beauty. Ikan cupang cantik ini berasal dari negara Brunei Darussalam.

Dari tahun ke tahun populasi cuapng Macrostoma ini semakin menghawatirkan. Bahkan di negara asalnya ikan ini dilindungi dan ilegal untuk dipelihara atau dijual belikan.

Akan tetapi di Indonesia masih ada yang menjual belikan, meski dengan harga yang cukup fantastis, yaitu sekitar 2 jutaan per ekornya.

4. Betta Channoides

Betta Channoides

Cupang kepala ular atau Betta Channoides adalah jenis cupang yang memiliki habitat asli di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

Ikan ini masih kerabat dekat dengan cupang Albimarginata, jadi jangan hewan jika penampilannya mirip, bahkan hampir sama.

Meski Betta Channoides tergolong cupang liar, namun ia cukup populer. Bahkan popularitasnya tidak kalah dengan cupang Macrotoma asal Brunei Darussalam.

5. Betta Unimaculata

Betta Unimaculata

Betta Unimaculata dapat ditemukan dibeberapa negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Ikan ini dapat dijumpai di area rawa-rawa di Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi.

Jika diperhatikan, ikan Betta Unimaculata ini mirip dengan Betta Bellica asal Malaysia. Hanya saja siripnya terlihat lebih pendek, tapi ekornya tetap terlihat membentuk hati.

Yang unik dari Betta Unimaculata yaitu tubuhnya berwarna biru metalik sehingga terlihat keren.

Demikianlah jenis-jenis ikan cupang dan gambarnya yang sudah mimin bagikan, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat. Apabila ada salah atau kekurangna dalam penyampaian, mimin mohon kritik dan sarannya melalui komentar dibawah ini.

Zona Hewan Seseorang yang hidup di desa, hobi menulis, memelihara aneka hewan dan senang bertani organik !

Ikan Komet

Zona Hewan
3 min read

Umpan Ikan Mas

Zona Hewan
4 min read

Ikan Cupang Termahal

Zona Hewan
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *