Makanan Burung Gereja

Makanan Burung Gereja – Burung gereja merupakan burung mungil sejenis burung pipit yang berasal dari famili Passeridae. Walaupun memiliki tubuh yang kecil namun suara burung gereja cukup lantang dan terkadang terdengar berisik.

Burung gereja biasanya hidup disekitar pemukiman warga, baik di kota maupun di desa. Populasi burung ini sangat besar, bahkan hampir dapat dijumpai disemua negara.

Pada zaman dulu burung mungil ini tidak diminati para kicaumania, bahkan sering diabaikan. Namun setelah menyadari bahwa kicau burung gereja cukup menarik, terutama saat burung tersebut tarung, kini banyak kicaumania yang menjadikannya sebagai masteran burung fighter.

Makanan Burung Gereja

Bagi sobat yang tertarik memelihara burung gereja untuk dijadikan burung masteran, tentu ada beberapa hal yang harus dipelajari terlebih dulu, salah satunya yaitu tentang pakan.

Soal pakan sebenarnya burung gereja bukan tipe burung yang rewel, sebab hampir semua jenis makanan dimanakan oleh burung ini, bahkan nasi sisa, ampas kelapa dan makanan sisa lainnya pun di makan olehnya.

Namun untuk membuat burung master tentu tidak boleh memberikan pakan sebarangan, sobat harus menyediakan makanan burung gereja yang bergizi. Berikut ini beberapa rekomendasi pakan burung gereja agar burung sehat dan cepat gacor.

Makanan Burung Gereja agar Cepat Gacor

1. Beras Merah

Beras Merah
Sumber : Bola.com

Seperti yang kita ketahui, beras merah merupakan bahan pangan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan karena kaya nutrisi dan serat. Tidak hanya untuk manusia, beras merah juga bagus diberikan pada burung kicau seperti burung gereja. Dengan memberikan pakan beras merah, burung gereja akan lebih cepat gacor dan rajin berkicau.

2. Padi

Padi

Selain beras merah, padi juga bisa menjadi makanan terbaik untuk burung gereja. Pada menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk perkembangkan burung tersebut. Selain itu, padi juga mudah dijumpai, terutama diwilayah pesawahan.

Jika sobat tinggal di desa pasti pernah melihat burung gereja memakan padi yang sedang dijemur. Hal ini menujuka bahwa burung kecil tersebut menyukainya.

3. Jagung

Jagung

Biji-bijian selanjutnya yang bagus untuk makanan burung gereja yaitu jagung. Namun sebelum sobat memberikan jagung pada burung, sebaiknya ditubuk terlebih dulu karena bulir jagung cukup besar. Dengan cara ditumbuk, jagung akan lebih halus sehingga mudah untuk dicerna oleh burung.

4. Milet Merah dan Putih

Milet

Milet merupakan salah satu jenis pakan biji-bijian andalan para kicaumania. Hampir semua burung pemakan biji merasakan lezatnya biji milet saat dipelihara.

Untuk sobat yang ingin memberikan pakan berkualitas pada burung gereja, tentu biji milet bisa menjadi pilihan terbaik.

Umumnya ada dua jenis milet yang tersedia di kios burung, yaitu milet merah dan milet putih. Kedua jenis tersebut bagus diberikan pada burung pemakan biji, namun agar burung tidak bosa sobat bisa mencampur keduanya atau memberikanya secara bergantian.

5. Serangga

Serangga

Selain memakan biji-bijian ternyata burung gereja juga memakan aneka serangga. Sobat bisa menjadikan serangga sebagai pakan tambahan burung gereja. Beberapa jenis serangga yang bisa sobat coba yaitu jangkrik, belalang, kroto dan ulat.

Serangga memiliki protien yang cukup tinggi, sehingga bagus untuk meningkatkan stamina burung supaya bisa rajin bunyi dan gacor.

6. Voer

Voer merupakan pakan instan yang diracik khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung. Pakan voer ini sering dijadikan pakan utama burung karena lebih mudah dan awet.

Meski ada beberapa jenis burung kicau yang tidak bisa makan voer, namun burung gereja termasuk burung yang bisa dilatih memakan makanan instan tersebut.

Apabila burung sudah bisa ngevoer total, sobat akan lebih mudah dalam merawatnya. Sobat bisa memberikan voer halus seperti voer untuk burung gelatik atau burung ciblek. Apabila burung menolaknya, latihlah secara bertahap setiap hari dengan mencampurkan voer pada pakan lain.

Pakan Burung Gereja Anakan

Burung gereja anakan mempunyai sistem pencernaan yang masih lemah. Oleh karena itu sobat harus menyediakan pakan khusus supaya burung bisa mencernanya dengan baik.

Sobat bisa memberikan pakan berupa beras merah yang sudah ditumbuk atau dihaluskan. Bisa juga dengan melolohkan voer yang diberi sedikit air agar mudah dimakan oleh burung. Sesekali lolohkan kroto atau perut jangkrik yang berukuran kecil sebagai sumber protein.

Karena burung yang masih anakan mudah lapar, jadi sebaiknya jangan sampai telat memberinya makan karena hal tersebut bisa berakibat fatal pada si burung.

Demikianlah beberapa jenis makanan burung gereja agar sehat dan cepat gacor. Semoga sedikit ulasan diatas menjadi informasi yang bermanfaat untuk semuanya. Sekian dari saya, salam kicau.

Tinggalkan komentar