Makanan Burung Poksay

Makanan Burung Poksay – Poksay merupakan nama sekelompok burung kicau bertubuh besar dari genus Garrulax. Burung ini pernah populer di Indonesia pada tahun 1990-an.

Burung poksay mempunyai suara kicau yang merdu dan gaya kicau yang sangat unik, sehingga banyak kicaumania terpikat olehnya. Selain itu ada banyak jenis burung poksay yang bisa kita jumpai di pasar burung Indonesia, dengan begitu kita bisa memilih jenis yang paling cocok untuk dipelihara.

Nah berbicara soal memelihara burung poksay, tentu kita harus mengerti terlebih dahulu informasi tentang burung tersebut. Salah satu yang paling penting yaitu tentang makanan burung poksay.

Kenapa ini penting? karena setiap makhluk hidup membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Selain itu, makanan juga menunjang kemampuan kicau seekor burung, termasuk burung poksay.

Oleh karena itu pada artikel ini saya akan membagikan informasi tentang makanan burung poksay agar sehat dan gacor.

Makanan Burung Poksay

Makanan Burung Poksay

1. Serangga

Serangga merupakan salah satu jenis makanan burung poksay di alam liar. Pakan ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, sehingga bagus untuk meningkatkan kualitas suara burung poksay.

Ada beberapa jenis serangga yang bisa sobat berikan pada burung poksay, seperti jangkrik dan ulat hongkong.

Pemberian jangkrik dan ulat hongkong tersebut sebaiknya dilakukan secara teratur, misalnya pagi dan sore hari. Cara pemberiannya pun jangan asal-asalan ya, untuk jangkrik sebaiknya diberikan bagian perutnya saja. Jadi bagian kaki dan kepala dibuang.

2. Buah-buahan

Selain memakan serangga, burung poksay juga memakan buah-buahan seperti buah pepaya dan pisang kepok. Buah yang memiliki rasa manis dan kaya akan vitamin wajib diberikan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi burung.

Pemberian buah bisa dilakukan secara begantian supaya burung tidak bosan. Misalnya hari ini diberi pepaya, besok diganti dengan pisang kepok atau buah sejenisnya.

3. Voer

Voer merupakan pakan buatan yang diracik secara khusus. Pakan ini biasanya memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Selain bagus untuk burung, pakan voer memudahkan kita dalam perawatan.

Walaupun burung sudah memakan voer, namun kedua pakan sebelumnya yaitu buah-buahan dan serangga tetap diberikan secara rutin sebagai pakan tambahan.

Cara Melatih Burung Poksay Makan Voer

Apabila burung poksay yang sobat rawat belum memakan voer, sobat bisa melatihnya dengan beberapa metode berikut ini.

Metode Pertama :

  • Siapkan voer yang halus secukupnya, misal 1 sendok makan.
  • Basahi voer dengan sedikit air, lalu aduk hingga tercampur.
  • Ambil beberapa ekor ulat hongkong atau jangkrik, kemudian potong kecil-kecil lalu campurkan dengan voer tersebut, aduk hingga rata.
  • Masukan juga 2-3 ekor ulat hongkong atau jangkrik utuh diatasnya.
  • Berikan pada burung. Lalu pantau perkembangannya.
  • Setelah 3 hari porsi voer ditambah, sedangkan jangkrik atau ulat hongkong tetap atau dikurangi sedikit.
  • Lakukan proses tersebut hingga burung bisa memakan voer sepenuhnya.

Metode Kedua :

  • Siapkan voer halus.
  • Potong kecil-kecil buah pisang atau buah pepaya.
  • Masukan satu sendok voer halus kedalam potongan buah tersebut, aduk hingga rata.
  • Berikan pada burung, kemudian patau seperti langkah pertama.
  • Porsi voer bisa ditingkatkan 3 hari sekali hingga burung bisa memakan veor total.

Demikianlah pembahasan kita tentang jenis makanan burung poksay dan cara supaya burung memakan voer. Semoga apa yang sudah sampaikan dalam artikel dapat bermanfaat. Sekian dari saya, salam kicau.

Tinggalkan komentar