Suara Burung Trucukan

Suara Burung Trucukan – Meski sering diremehkan, trucukan cukup populer loh di masyarakat Indonesia. Burung bertubuh sedang ini memiliki suara ropel yang cukup bagus, bahkan gaya berkicaunya sangat unik. Yaitu membuka kedua sayap dan ekornya seperti garuda sembari berkicau. Jadi tak heran jika peminat trucukan di Indonesia masih banyak.

Merbah cerukcuk atau yang kita kenal dengan nama trucukan merupakan burung pengicau yang tergolong dalam keluarga Pycnonotidae, sama seperti burung kutilang.

Burung pemakan buah-buahan ini dikenal dengan berbagai nama seperti cica, cucak, cerukcuk, jogjog, terucuk dan cerocokan. Sedangkan dalam bahasa Inggirs disebut Yellow-vented Bulbul.

Bunyi burung trucukan kerap kali digunakan untuk masteran oleh para kicaumania, baik masteran burung sejenis atau burung kicau lain.

Dengan memanfaatkan mp3 burung trucukan kini proses pemasteran jauh lebih mudah dibandingkah harus menggunakan burung tersebut secara langsung.

Nah, apabila sobat sedang mencari masteran burung trucukan silahkan download filenya dibawah ini.

Downlaod Suara Burung Trucukan Mp3

Download Suara Burung Trucukan Mp3

(1.03 MB) Trucukan ropel v1 | Download

(1.63 MB) Trucukan ropel v2 | Download

(1 MB) Trucukan ropel v3 | Download

(0.9 MB) Trucukan ropel v4 | Download

(5.87 MB) Burung trucukan ngebren | Download

(4.57 MB) Burung trucukan ropel di ruangan | Download

(3.81 MB) Burung trucukan suara ropel | Download

(2.91 MB) Burung trucukan ropel panjang | Download

Cara Agar Burung Trucukan Ropel

Dibandingkan kutilang, peminat burung trucukan di kalangan kicaumania lebih banyak. Hal ini karena trucukan mampu ngeropel layaknya burung cucak rowo. Selain itu, gaya ngegarudanya juga sangat khas.

Nah, apabila ingin bunyi burung trucukan nya bisa ropel, berikut ini tiga tips yang bisa sobat coba terapkan dirumah.

1. Berikan ulat hongkong dalam jumlah banyak

Tips yang pertama yaitu memberi ulat hongkok pada trucukan dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan biasanya.

Ulat hongkong merupakan salah satu pakan tambahan yang diyakini dapat merangsang burung supaya rajin bunyi dan belajar mengeluarkan suara ropelanya.

Namun pemberian ulat hongkong ini tidak asal-asalan ya, ada hal yang perlu diperhatikan. Ulat hongkong mempunyai lapisan kulit yang cukup tebal, sehingga lapisan kulit tersebut sulit dicerna bahkan terkadang tidak bisa dicerna oleh burung.

Oleh sebab itu, pastikan sobat memberikan ulat hongkong yang sedang berganti kulit, biasanya berwarna putih. Cara agar UH cepat berganti kulit yaitu dengan memberinya makan 2-3 hari, kemudian dibiarkan lapar hingga bergati kulit. Untuk lebih jelasnya lihat disini.

Selain ulat hongkong, pakan alternatif yang bisa sobat berikan yaitu ulat kandang sebanyak 1 sendok teh, atau 1 cepuk kecil, setiap pagi hari.

2. Berikan voer lele

Pemberian voer lele sebagai pakan harian burung kicau sudah dikenal sejak lama. Selain bagus untuk burung trucukan, voer lele juga sering diberikan pada burung cendet dan jalak suren.

3. Pemasteran

Yang ketiga yaitu melakukan pemasteran dengan tepat. Pemasteran merupakan proses melatih burung trucukan agar rajin bunyi dan bisa meniru suara burung master.

Pemasteran tidak harus menggunakan burung asli, sobat bisa memanfatkan mp3 burung trucukan yang sudah saya bagikan diatas.

Baca juga : Download Suara Burung Poksay Mp3

Video Burung Trucukan

Demikianlah pembahasan kita tentang suara burung trucukan mp3, semoga apa yang sudah saya bagikan diatas dapat bermanfaat. Jangan lupa simak terus Zonahewan.com untuk mendapatkan update artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar