Cara Membedakan Burung Jalak Suren Jantan dan Betina

Cara Membedakan Burung Jalak Suren Jantan dan Betina – Dikalangan kicaumania, nama jalak suren sudah tidak asing lagi. Pamornya dari tahun ke tahun terus meningkat, terbukti dengan semakin banyaknya peminat jalak uren.

Jalak suren mempunyai kualitas kicau yang bagus, ia dapat menirukan berbagai jenis suara burung sehingga bisa memiliki vareasi yang beragam. Tidak hanya bisa meniru kicau burung lain, burung yang berasal dari keluarga Sturnidae ini juga bisa menirukan suara Manusia. Ia dapat menirukan satu dua patah kata seperti, Assalamu’alaikum, Selamat Pagi, Walaikumsalam, Selamat Sore, dll.

Selain itu, jalak suren juga mempunyai gaya kicau yang unik, yaitu gaya mompa yang bergerak naik turun saat berkicau seperti orang yang sedang memompa. Gaya ini bisa dilatih, caranya silahkan cek artikel “Cara membuat jalak suren mompa” yang sudah saya bagikan kemarin.

Cara Membedakan Burung Jalak Suren Jantan dan Betina

Jika ingin mempunya burung jalak suren yang gacor, bervareasi dan mompa, sebaiknya sobat memilih jalak suren jantan. Selain itu, suara burung jalak suren jantan juga terdengar lebih keras.

Nah, apabila sobat belum mengerti cara membedakan jalak suren jantan dan betina, silahkan simak artikel berikut.

Cara Membedakan Burung Jalak Suren Jantan dan Betina

Sekilas jalak suren jantan dan betina mempunyai penampilan yang serupa, namun jika sobat perhatikan dengan teliti, ada beberapa perbedaan yang cukup jelas.

Membedakan jenis kelamin jalan suren lebih mudah dan akurat ketika sudah dewasa, yaitu setelah umur 8 – 10 bulan. Ketika sudah dewasa perbedaan jenis kelaminya akan lebih jelas. Berikut ini cara membedakanya :

1. Cara yang paling akurat untuk membedakan jenis kelamin jalan suren yaitu dengan melihat bagian dubur burung tersebut. Pada dubur jalak suren jantan terdapat lingkaran warna biru sehingga warna kulit bagian dubur dan perut terlihat berbeda. Sedangkan untuk yang betina tidak ada warna biru, sehingga warna kulit dubur dan perut terlihat sama.

Cara melihatnya yaitu pegang burung jalak suren, basahi bagian dubur dengan air. Sibakan bulu yang menutupinya, kemudian perhatikan pada duburnya.

2. Postur tubuh JS jantan relatif lebih besar dibandingkan betina, tubuhnya panjang dan lonjong.

3. Mempunyai kepala yang relatif lebih besar dan blat, sedangkan betina mempunyai kepala yang ramping.

4. Warna hitam pada jalak suren jantan baik yang berada pada kepala, dada, punggung, dan juga ekor nampak hitam legam dan mengilat. Sedangkan pada JS betina terlihat lebih kusam.

5. Warna merah pada kulit sekeliling mata JS jantan terlihat lebih cerah. Sedangkan pada JS betina nampak lebih pucat.

6. Warna bulu putih pada JS jantan nampak bersih, sedangkan warna bulu putih pada JS betina nampak lebih kusam.

7. Ekor JS jantan lebih panjang dan menyatu, sedangkan ekor JS betina lebih pendek dan sedikit mengembang.

8. Ketika berkicau, Jalak suren jantan cenderung lebih atraktif dengan mengembangkan bulu-bulunya.

Demikianlah cara membedakan burung jalak suren jantan dan betina, semoga cara diatas bisa bermanfaat untuk sobat. Jangan lupa simak terus Zonahewan.com karena masih ada banyak artikel yang ingin saya bagikan.

Tinggalkan komentar