HOME
Home » Burung » Burung Jalak Suren » Cara Membedakan Burung Jalak Suren Jantan dan Betina

Cara Membedakan Burung Jalak Suren Jantan dan Betina

Posted at Desember 9th, 2022 | Categorised in Burung, Burung Jalak Suren

Cara Membedakan Burung Jalak Suren Jantan dan Betina – Dikalangan kicaumania, nama jalak suren sudah tidak asing lagi. Pamornya dari tahun ke tahun terus meningkat, terbukti dengan semakin banyaknya peminat jalak uren.

Jalak suren mempunyai kualitas kicau yang bagus, ia dapat menirukan berbagai jenis suara burung sehingga bisa memiliki vareasi yang beragam. Tidak hanya bisa meniru kicau burung lain, burung yang berasal dari keluarga Sturnidae ini juga bisa menirukan suara Manusia. Ia dapat menirukan satu dua patah kata seperti, Assalamu’alaikum, Selamat Pagi, Walaikumsalam, Selamat Sore, dll.

Selain itu, jalak suren juga mempunyai gaya kicau yang unik, yaitu gaya mompa yang bergerak naik turun saat berkicau seperti orang yang sedang memompa. Gaya ini bisa dilatih, caranya silahkan cek artikel “Cara membuat jalak suren mompa” yang sudah saya bagikan kemarin.

Cara Membedakan Burung Jalak Suren Jantan dan Betina

Jika ingin mempunya burung jalak suren yang gacor, bervareasi dan mompa, sebaiknya sobat memilih jalak suren jantan. Selain itu, suara burung jalak suren jantan juga terdengar lebih keras.

Nah, apabila sobat belum mengerti cara membedakan jalak suren jantan dan betina, silahkan simak artikel berikut.

Cara Membedakan Burung Jalak Suren Jantan dan Betina

Sekilas jalak suren jantan dan betina mempunyai penampilan yang serupa, namun jika sobat perhatikan dengan teliti, ada beberapa perbedaan yang cukup jelas.

Membedakan jenis kelamin jalan suren lebih mudah dan akurat ketika sudah dewasa, yaitu setelah umur 8 – 10 bulan. Ketika sudah dewasa perbedaan jenis kelaminya akan lebih jelas. Berikut ini cara membedakanya :

  1. Cara yang paling akurat untuk membedakan jenis kelamin jalan suren yaitu dengan melihat bagian dubur burung tersebut. Pada dubur jalak suren jantan terdapat lingkaran warna biru sehingga warna kulit bagian dubur dan perut terlihat berbeda. Sedangkan untuk yang betina tidak ada warna biru, sehingga warna kulit dubur dan perut terlihat sama. Cara melihatnya yaitu pegang burung jalak suren, basahi bagian dubur dengan air. Sibakan bulu yang menutupinya, kemudian perhatikan pada duburnya.
  2. Postur tubuh JS jantan relatif lebih besar dibandingkan betina, tubuhnya panjang dan lonjong.
  3. Mempunyai kepala yang relatif lebih besar dan blat, sedangkan betina mempunyai kepala yang ramping.
  4. Warna hitam pada jalak suren jantan baik yang berada pada kepala, dada, punggung, dan juga ekor nampak hitam legam dan mengilat. Sedangkan pada JS betina terlihat lebih kusam.
  5. Warna merah pada kulit sekeliling mata JS jantan terlihat lebih cerah. Sedangkan pada JS betina nampak lebih pucat.
  6. Warna bulu putih pada JS jantan nampak bersih, sedangkan warna bulu putih pada JS betina nampak lebih kusam.
  7. Ekor JS jantan lebih panjang dan menyatu, sedangkan ekor JS betina lebih pendek dan sedikit mengembang.
  8. Ketika berkicau, Jalak suren jantan cenderung lebih atraktif dengan mengembangkan bulu-bulunya.

Demikianlah cara membedakan burung jalak suren jantan dan betina, semoga cara diatas bisa bermanfaat untuk sobat. Jangan lupa simak terus Zonahewan.com karena masih ada banyak artikel yang ingin saya bagikan.

Tags :

Related Post to Cara Membedakan Burung Jalak Suren Jantan dan Betina

Download Suara Burung Tengkek Udang Mp3

Suara Burung Tengkek Udang

Posted at 25 Januari 2023

Halo teman-teman, kembali lagi dengan zonahewan.com, Pada kesempatan yang baik ini mimin akan membagikan kolekis suara burung tengkek udang untuk masteran. Tengkek udang atau raja... Read More

Download Suara Burung Walet Mp3

Suara Burung Walet

Posted at 19 Januari 2023

Download Suara Burung Walet Mp3 – Walet memang bukan burung pengicau yang mempunyai suara atau bulu indah. Namun burung ini memiliki sesuatu yang bernilai... Read More

Burung Kutilang

Burung Kutilang

Posted at 16 Desember 2022

Burung Kutilang merupakan jenis burung cucak yang paling populer di Indonesia. Burung ini mudah dijumpai diberbagai daerah sebab populasinya masih terjaga. Kutilang atau Pycnonotus... Read More

burung kecil

Jenis Burung Kecil

Posted at 12 Desember 2022

Jenis Burung Kecil – Tidak hanya burung kicau bertubuh sedang saja yang memiliki suara merdu, namun ada juga burung bertubuh kecil yang suaranya tak... Read More

Makanan Burung Jalak Suren

Makanan Burung Jalak Suren

Posted at 10 Desember 2022

Makanan Burung Jalak Suren – Ketika ingin merawat seekor burung, tentu kita harus tahu apa saja jenis pakan burung tersebut, termasuk saat merawat jalak... Read More