Cara Membuat Burung Jalak Suren Mompa

Cara Membuat Burung Jalak Suren Mompa – Para kicaumania gemar memelihara jalak suren karena kemampuan kicaunya. Ia merupakan salah satu jenis burung jalak-jalakan yang pandai menirukan berbagai jenis suara, termasuk suara manusia.

Selain itu, jalak suren juga mempunyai gaya berkicau yang sangat unik, yang dikenal dengan gaya mompa atau bergerak naik turun saat berkicau seperti orang yang sedang mompa.

Cara Membuat Jalak Suren Mompa

Gaya jalak suren mompa ini didambakan oleh para kicaumania, sebab terlihat unik. Namun perlu sobat ketahui, untuk membuat jalak suren mompa bukanlah hal gampang, perlu pelatihan khusus yang konsisten.

Nah, bagi yang ingin mencoba melatih jalak suren nya agar mompa, berikut ini beberapa tips yang bisa sobat terapkan.

Cara Membuat Burung Jalak Suren Mompa

  1. Jalak suren merupakan burung yang suka mandi, sobat bisa memandikanya 2 kali sehari (pagi dan sore). Ada 2 metode mandi yang biasa diterapkan pada burung peliharaan yaitu mandi dengan sprayer atau mandi keramba. Agar burung lebih dekat dengan kita, mandikan dengan cara disemprot menggunakan sprayer. Namun sesekali biarkan ia mandi keramba.
  2. Setelah mandi, selanjutnya jemur burung sedikit lebih lama untuk melatih otot pernapasanya agar berkembang lebih kuat. Untuk berkicau dan mompa seekor jalak suren membutuhkan pernafasan yang panjang.
  3. Seperti memaster burung, agar burung cepat mompa sebaiknya gantang dekat dengan jalak suren gacor yang sudah mompa juga. Dengan cara ini diharapkan burung dapat menirunya. Apabila tidak memiliki jalak suren mompa, sobat bisa memasternya dengan rekaman suara jalak suren mp3 yang sudah gacor.
  4. Selain dengan penjemuran, melatih pernapasan jalak suren juga bisa dengan melakukan pengumbaran secara rutin.
  5. Selain memberikan latihan pada burung, kita juga harus memberikan pakan yang bagus untuk mencukupi kebutuhan nutrisi si burung. Pakan tersebut terdiri dari pakan utama dan pakan tambahan.
  6. Pakan utama jalak suren biasanya berupa voer, sobat bisa memberikan voer hijau, voer ayam atau pelet lele karena memiliki kandungan protein yang tinggi.
  7. Sedangkan untuk pakan tambahan berupa serangga kecil seperti jangkrik, belalang, kroto, cacing dan ulat hongkong. Pemberian pakan tambahan tidak boleh asal-asalan berikut ini polanya.
    Serangga seperti belalang dan jangkrik dapat diberikan setiap hari dengan porsi 2-5 ekor. Sedangkan Cacing, ulat hongkong dan sejenisnya diberikan 2x seminggu. Kroto juga diberikan 2x seminggu dengan porsi 1 sendok teh per pemberian.
  8. Untuk menunjang kesehatan burung, berikan juga multivitamin 1 atau 2 minggu sekali.

Demikianlah cara membuat jalak suren mompa. Silahkan sobat praktekan dirumah dan semoga berhasil. Sekian dari saya, salam kicau.

Tinggalkan komentar