Cara Menjinakan Burung Trucukan

Cara Menjinakan Burung Trucukan – Merbah Cerukcuk atau Trucukan merupakan burung kicau jenis merbah yang cukup populer di Indonesia. Burung ini masih satu keluarga dengan burung kutilang. Jadi jangan heran jika penampilannya hampir sama.

Di Indonesia, Trucukuan sangat digemari karena suara burung trucukan yang cukup merdu dan bisa menirukan suara burung lain. Selain itu harga burung ini juga masih sangat terjangkau. Sobat bisa membeli burung trucukan dengan harga sekitar Rp. 100.000.

Perlu sobat ketahui, burung trucukan omboyokan biasa hasil dari tangkapan liar. Sehingga kebanyakan dari mereka masih sangat giras. Jadi jika membeli trucukan dari pasar, sobat harus menjinakanya terlebih dulu supaya burung bisa gacor.

Menjinakan burung trucukan terbilang susah-susah gampang, tidak susah banget namun tidak gampang banget. Jadi sobat harus berusaha dengan maksimal dan konsisten supaya burung tersebut cepat jinak. Bagi sobat yang belum tahu caranya, silahkan simak artikel berikut ini.

Cara Menjinakan Burung Trucukan

Cara Menjinakan Burung Trucukan

Ada beberapa metode penjinakan trucukan, sobat bisa mengkombinasikan metode satu dengan lainnya. Lakukan secara konsisten insyaallah burung akan cepat jinak. Berikut ini caranya :

1. Terapi Mandi

Cara pertama yaitu menggunakan terapi mandi. Terapi mandi yang dimaksud yaitu memandikan burung dengan cara dipegang. Cara ini sudah dilakukan sejak zaman dulu, khususnya untuk menjinakan burung perkutut dan ayam.

Menjinakan burung dengan terapi mandi ini memiliki tingkat keberhasilan yang sangat tinggi. Jadi sobat yang dalam proses menjinakan burung trucukan sangat wajib mecoba terapi mandi dengan cara dipenggang. Berikut ini tata caranya :

  • Pada pagi hari ketika matahari sudah mulai terbit dan sudah terasa hangat, mandinakan burung dengan cara semprot terlebih dulu. Jangan lupa keluarkan air minum, pakan dan alas kotoran.
  • Semprot burung setengah basah, jangan sampai basah kuyup ya.

Terapi Mandi

  • Tujuanya memandikan burung setengah basah yaitu supaya burung mudah dipegang dan mengurangi resiko kerusakan pada bulu-bulunya.
  • Selanjutnya siapkan air dalam baskom kecil.
  • Basuh burung yang sudah sobat penggang dengan air tersebut  secara perlahan.

memandikan burung

  • Mandikan burung hingga basah kuyup.
  • Untuk menjalin interaksi yang lebih kuat kita bisa membelai-belai burung pada bagian kepala, paruh bawah, punggung, ekor, dll.
  • Cara ini juga untuk mengajari burung agar tidak takut dengan tangan kita.
  • Supaya terapi ini lebih maksimal, kita bisa memandikanya sehari 2 kali, pagi dan sore. Tergantung dari cuacanya, apabila masih ada panas matahari maka bisa kita lakukan terapi mandi.
  • Setelah proses terapi mandi selesai, selanjutnya jemur burung supaya bulu-bulunya cepat kering.
  • Jika bulu burung sudah kering, masukan lagi pakan dan air minumnya.
  • Kemudian gantang burung ditempat yang ramai dan jangan terlalu tinggi agar ia terbiasa dengan lalulalang orang.

Catatan : Saat memandikan burung dengan motede tersebut kita harus berhati-hati dalam memegangnya karena beresiko burung lepas.

2. Terapi Lapar

Metode yang kedua yaitu terapi lapar. Secara sederhana, terapi lapar yaitu membiarkan burung dalam kondisi lapar dalam jangka waktu tertentu kemudian memberinya makan langsung menggunakan tangan.

Tujuan terapi ini yaitu supaya burung merasa bergantung kepada kita dan secara terpaksa ia akan belajar untuk tidak takut lagi dengan manusia.

Cara menjinakan burung trucukan yang giras menggunakan terapi lapar bisa kita kombinasikan dengan terapi mandi. Untuk prosesnya simak artikel berikut :

  • Buatlah tali anklet pada kedua kaki burung. Tali anklet merupakan tali yang mengikat kedua kaki burung. Cara pembuatanya bisa lihat DISINI
  • Jika sudah dibuat, ikatkan tali tersebut pada sebauh batu, bisa juga diatas sangkar. Contohnya seperti ini.

Terapi Lapar

  • Apabila sudah terikat seperti gambar diatas, selanjutnya mandikan burung dengan cara menyemprotnya menggunakan sprayer.

Menyemprot burung

  • Setelah proses memandikan burung selesai tahap selanjutnya yaitu penjemuran. Jemur burung selama 1-2 jam tanpa memberinya makan. Sesekali ajak ia bermain untuk membangun interaksi yang lebih dekat.
  • Jika bulu burung sudah kering, angin-anginkan burung sambil membelai-belainya.
  • Coba beri makan burung langsung menggunakan tangan kita. Dalam kondisi lapar burung akan memakan makanan yang kita beri.
  • Lakukan proses ini secara konsisten dalam beberapa hari hingga burung tidak taku lagi dengan kita dan berubah menjadi jinak.

Demikianlah 2 cara menjinakan burung trucukan yang giras dari ombyokan atau hasil tangkapan hutan. Silahakn terapkan metode tersebut secara konsisten dan lihat perkembanganya.

Tinggalkan komentar