Zona Hewan Seseorang yang hidup di desa, hobi menulis, memelihara aneka hewan dan senang bertani organik !

Ikan Cupang Termahal

4 min read

Ikan Cupang Termahal Halfmoon

Halo semua, berjumpa lagi kita di Zona Hewan. Nah, pada kesempatan ini mimin akan mengulas tentang jenis ikan cupang termahal di dunia.

Ikan cupang di Indonesia sangat muda di temukan karena ikan hias satu ini sangat mudah dipelihara maupun di budidayakan.

Secara umum sebenarnya ikan cupang dibandrol dengan harga yang relatif murah, namun ternyata ada beberapa jenis cupang yang berhasil dijual dengan harga yang cukup fantasits. Bahkan harganya hampir setara dengan motor vixion.

Ikan Cupang Termahal

Cupang merupakan ikan hias yang berkarakter agresif. Ia gampang sekali tarung (beradu) ketika dijadikan dalam satu wadah. Namun dilain sisi, cupang juga memiliki keindahan tersendiri, baik dari segi warna maunpun dari sirip serta ekornya yang menjumbai panjang.

Jika zaman dulu cupang hanya dijadikan sebagai ikan aduan, lain halnya dengan sekarang. Kini sudah banyak jenis cupang yang dijadikan sebagai hiasan. Bahkan para breeder berlomba-lomba menghasilkan cupang tercantik dengan melakukan perkawinan silang.

Dan berikut ini daftar ikan cupang termahal dan tercantik hasil rekayasa genetik yang dilakukan oleh breeder dari seluruh dunia.

1. Ikan Cupang Kachen Worachai

Ikan Cupang Kachen Worachai

Mari kita flashback sebentar. Dalam kurun waktu 5 tahun ini, ikan cupang Kachen Worachai merupakan cupang paling mahal di Dunia.

Ikan ini berhasil dijual dengan harga 1530 dollar Amerika atau setara dengan 20jt rupiah melalui lelang online.

Kachen Worachai merupakan nama sang pemilik cupang tersebut. Ia merupakan breeder cupang yang berasal dari Thailand.

Pada awalnya ia tidak terlalu berharap tingi dengan hasil lelang tersebut, namun tak disangka-sangka dalam 2 hari ikan tersebut berhasil dijual senilai 1530 dollar Amerika.

Jika dilihat dari bentuknya, sebenarnya ikan ini biasa saja, layaknya ikan cupang jenis plakat pada umumnya. Namun keindahan bukan terletak pada bentuknya. Melainkan pada warna ikan tersebut yang sangat langka.

Ikan cupang Kachen Worachai memiliki pola warna yang terlihat seperti bendera kebangsaan Thailand. Unik banget kan?

Menurut sang pemilik, kesempatan untuk mendapatkan cupang semacam ini “1:100.000 ikan”. Sudah banyak yang mencobanya, namun keberuntungan memang sedang berpihak padanya.

2. Ikan Cupang Fancy

Fancy

Jenis cupang termahal selanjutnya yaitu ikan cupang fancy. Ikan satu ini juga berasal dari Thailand.

Cupang fancy memiliki sirip dan ekor yang pendek seperti ikan cupang aduan. Namun ia memiliki perpaduan warna yang sangat beragam dan indah.

Beberapa jenis cupang fancy memiliki perpaduan warna lebih dari 3, membuatnya terlihat seperti seuah lukisan.

Hal ini menjadikan sebuah ciri khas dari cupang fancy karena tidak dimemiliki cupang lain.

Dengan perpaduan warna yang menarik, cupang fancy dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Yang masih anakan saja rata-rata dibandrol sekitar Rp. 100.000. Sedangkan untuk kelas juara harganya sekitar Rp 2jt-an.

Jenis Ikan CupangHarga
Ikan Cupang Fancy AnakanRp 100.000
Ikan Cupang Fancy DewasaRp 300.000
Ikan Cupang Fancy IndukanRp 350.000
Ikan Cupang Fancy JuaraRp 2.000.000

3. Ikan Cupang Plakat

Cupang Plakat

Thailand merupakan surganya ikan cupang, ada banyak jenis ikan cupang populer yang berasal dari negara Gajah Putih tersebut. Salah satunya yaitu Cupang Plakat.

Sesuia dengan namanya, cupang ini merupakan cupang aduan yang sangat digemari. Nama “Plakat” berasal dari bahasa Thai, yang artinya Ikan Petarung / Ikan Aduan.

Ikan ini umumnya memiliki warna yang cenderung gelap, seperti biru, hitam dan merah gelap. Seperti cupang aduan lain, cupang plakat memiliki tubuh yang kokoh, kuat, gerakannya gesit dan agresif.

Di Indonesia ikan ini pertama kali dipekenalkan oleh Hermanus, Henry Gunawan dan Joty Atmadjaja pada tahun 2000-an. Pada kala itu juga sedang boomingnya ikan Louhan.

Dipasaran biasanya tersedia cupang plakat dengan beberapa vareasi harga, mulai dari harga Rp 60.000 hingga jutaan rupiah. Berikut ini daftar lengkap harga ikan cupang plakat.

Jenis Ikan CupangHarga
Ikan Cupang Plakat AnakanRp 60.000
Ikan Cupang Plakat DewasaRp 150.000
Ikan Cupang Plakat IndukanRp 180.000
Ikan Cupang Plakat JuaraRp 2.000.000

4. Ikan Cupang Double Tail

Double Tail

Cupang Double Tail atau cupang ekor ganda dikenal juga dengan sebutan cupang cagak.

Ekornya yang terbelah dua menjadi ciri khas yang tidak dimiliki oleh cupang jenis lain.

Keindahan lain dari cupang ini yaitu memiliki sirip bagian atas dan bawah yang sama panjang.

Menurut beberapa ahli, ikan cupang double tail yang bagus yaitu yang kedua siripnya berhubungan simetris dengan ekornya. Artinya tidak ada celah antara ekor dan sirip, baik sirip atas maupun sirip bawah.

Dengan sirip yang saling behubungan, maka akan membentuk sebuah lingkaran yang hampir penuh sehingga ikan tersebut akan terlihat semakin indah.

Namun sayangnya cupang ini cukup sulit di temukan di Indonesia, sebab untuk mendapatkan bentuk double tail yang sempurna tidaklah mudah.

Sehingga harga cupang double tail dipasaranpun cukup tinggi. Untuk yang masih anakan saja sudah dibandrol dengan harga 50.000 rupiah.

Jenis Ikan CupangHarga
Ikan Cupang Double Tail AnakanRp 50.000
Ikan Cupang Double Tail DewasaRp 100.000
Ikan Cupang Double Tail IndukanRp 120.000
Ikan Cupang Double Tail JuaraRp 1.200.000

5. Ikan Cupang Halfmoon

Ikan Cupang Termahal Halfmoon

Halfmoon (bulan sabit / setengah bulan) merupakan julukan ikan cupang termahal selanjutnya. Ikan ini memiliki bentuk sirip dan ekor yang simetris membentuk setengah bulan.

Ekor cupang halfmoon yang menjumbai panjang membentuk setengah bulang yang cantik dan mempesona. Ketika bergerak, ikan tersebut terlihat sangat anggun bak model yang berjalan di karpet merah.

Keindahan tersebut tidak hanya terletak pada sirip dan ekornya saja, tapi hampir semua bagian tubuhnya.

Ikan halfmoon merupakan hasil perkawinan silang yang lakukan oleh Peter Goettner seorang breeder dari Amerika Serikat pada tahun 1980-an.

Sedangkan menurut kabar yang beredar, masuknya cupang halfmoon di Indonesia yaitu sekitar tahun 2009-2010-an atau sekitar 10 tahun yang lalu.

Sejak pertama kali diperkenalkan, ikan ini mendapat respon yang baik dari kalangan pecinta ikan hias. Jadi tidak membutuhkan waktu yang lama, nama ikan ini langsung populer.

Hingga kini ada banyak jenis cupang lain yang dikawin silahkan dengan cupang halfmoon, seperti dengan cupang plakat, cupang fancy, dll.

Karena keindahannya, dipasaran harga cupang halfmoon cukup tinggi, yaitu berkisar harga Rp 40.000 hingga Rp. 500.000 per ekor.

Jenis Ikan CupangHarga
Ikan Cupang Halfmoon AnakanRp 40.000
Ikan Cupang Halfmoon DewasaRp 80.000
Ikan Cupang Halfmoon IndukanRp 100.000
Ikan Cupang Halfmoon JuaraRp 500.000

6. Ikan Cupang Crown Tail

Crown Tail

Ikan cupang Crown Tail atau cupang ekor mahkota merupakan jenis ikan cupang yang berhasil dibudidayakan oleh breeder asal Indonesia. Ikan ini dikenal juga dengan sebutan ikan serit.

Menurut sumber yang beredar, orang yang pertama kali menghasilkan cupan serit yaitu Ahmad Yusuf atau Bang Yus. Namun untuk jenis cupang yang disilangkannya sendiri masih menjadi misteri, sebab tidak ada literasi yang mencatat tentang hal tersebut.

Pada awalnya jenis cupang yang dihasilkan oleh bang Yus ini dianggap cacat oleh para pecinta cupang. Bahkan sebagian ada yang mentertawakannya karena bentuk ekornya yang menyerupai girigi dan terlihat seperti sobek-sobek.

Namun dengan semangat dan usaha dari bang Yus serta kawan-kawannya, hingga akhrinya cupang serit menjadi cantik dan indah. Seiring waktu cupang serit menjadi populer dan sempat digandrungi hampir semua pecinta cupang di Indonesia.

Nah, bagi yang ingin mendapatkan cupang ini, kalian harus mengelurkan budget sekitar Rp 15.000 untuk cupang serit anakan. Sedangkan untuk yang dewasa sekitar Rp 60.000,-.

Jenis Ikan CupangHarga
Ikan Cupang Crown Tail AnakanRp 15.000
Ikan Cupang Crown Tail DewasaRp 40.000
Ikan Cupang Crown Tail IndukanRp 60.000
Ikan Cupang Crown Tail JuaraRp 300.000

7. Ikan Cupang Slayer

Slayer

Ikan cupang slayer merupakan jenis cupang hasil perkawinan silang antara cupang halfmoon dan cupang serit. Karakteristik dan sifat kedua indukan tersebut terbawa oleh cupang slayer, sehingga jenis ini terlihat sangat indah dan cantik.

Keindahan tersebut sempat menjadi trend dikalangan penghobi cupang, terutama anak-anak sekolah. Biasanya mereka mengadunya dengan ukan slayer lain.

Dipasaran ikan ini dibandrol dengan harga yang berbeda-beda, tergantung dari umur, ukuran dan kualitasnya. Berikut ini daftar lengkap harga ikan cupang slayer.

Jenis Ikan CupangHarga
Ikan Cupang Slayer AnakanRp 25.000
Ikan Cupang Slayer DewasaRp 50.000
Ikan Cupang Slayer IndukanRp 80.000
Ikan Cupang Slayer JuaraRp 300.000

8. Ikan Cupang Giant

Ikan Cupang Giant

Seperti namanya, ikan cupang giant memiliki ukuran tubuh yang besar, bahkan ukurannya mencapai 2-3 x ukuran cupang biasa.

Cupang ini pertama kalia dikembangkan breeder asal Thailand yaitu Mr. Athapon dan anaknya Mr. Natee pada tahun 1999.

Kedua pemiliki Diamond Fish Farm tersebut tak sengaja menemukan cupang plakat jantan dengan ukuran sekitar 10 cm dikolam miliknya. Kemudian mereka memiliki ide untuk mencari cupang betina yang memiliki tubuh besar.

Dengan semangat dan kegigihan sang breeder, akhirnya mereka mendapatkan hasil yang di inginkannya. Ia mendapatkan cupang dengan bentuk dan ukuran jumbo yang kini dikenal dengan nama cupang giant.

Dipasaran ikan cupang giant dibandrol dengan harga yang berbeda-beda, tergantung dari ukuran, warna dan kualitanya. Berikut ini daftar harga cupang giant :

Jenis Ikan CupangHarga
Ikan Cupang Giant AnakanRp 20.000
Ikan Cupang Giant DewasaRp 50.000
Ikan Cupang Giant IndukanRp 80.000
Ikan Cupang Giant JuaraRp 200.000

Demikianlah pembahasan kita tentang ikan cupang termahal di Indonesia bahkan dunia, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat. Bagi yang ingin mendapatkan informasi terbaru seputar hewan, silahakn kunjungi terus ZonaHewan.com karena akan ada informasi baru setiap harinya.

Zona Hewan Seseorang yang hidup di desa, hobi menulis, memelihara aneka hewan dan senang bertani organik !

Ikan Komet

Zona Hewan
3 min read

Umpan Ikan Mas

Zona Hewan
4 min read

Makanan Ikan Cupang

Zona Hewan
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *