Jenis Burung Branjangan

Jenis Burung Branjangan – Setelah kita membahas tentang suara burung branjangan, kali ini kita akan membahas tentang jenis atau macam-macam burung branjangan.

Seperti yang kita tahu, burung yang berasal dari keluarga Alaudidae ini memiliki kurang lebih 75 spesies dalam kerabatnya. Jumlah tersebut sangatlah banyak, tak mungkin teman-teman akan menghafal semuanya.

Namun sebagai kicaumania setidaknya kita harus mengetahui jenis burung branjangan yang ditemukan di Indonesia.

Menurut beberapa sumber, setidaknya ada 4 jenis branjangan yang populer di Indonesia. Dan setiap jenis memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Untuk penjelasan lebih lengkapnya silahkan lihat dibawah ini.

Jenis Burung Branjangan

1. Branjangan Jawa

Jenis Burung Branjangan Jawa

Branjangan Jawa merupakan jenis burung branjangan yang paling populer dikalangan kicaumania karena memiliki suara dan mental yang baik.

Di pulau Jawa jenis burung ini dibagi menjadi tiga wilayah, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Maskot burung branjangan Jawa Barat berasal dari daerah Sapan. Burung dari daerah tersebut terkenal memiliki suara yang nyaring dan mengkristal.

Memiliki jambul yang khas (jambul patent) dan postur tubuh yang tidak terlalu besar, yaitu sekitar 12-13 cm. Selain itu pola batik menghiasi tubuhnya cenderung lebih gelap.

Burung branjangan yang berasal dari Jawa Tengah juga tak kalah menarik, terutama yang berasal dari daerah Jogja.

Burung dari kawasan tersebut disukai kicaumania karena memiliki postur yang besar, mental yang bagus, volume suara yang keras dan memiliki aneka vareasi suara.

Postur tubuhnya lebih besar dari branjangan Jawa Barat, yaitu sekitar 12-14 cm dengan warna tubuh yang lebih cerah, kemerahan atau kekuningan.

Sedangkan branjangan Jawa Timur memiliki warna bulu yang cerah. Warna hitamnya pun terlihat agak pudar. Untuk postur tubuhnya sendiri tidka jauh beda dengan branjangan Jawa Tengah.

2. Branjangan NTB dan Sumbawa

Burung branjangan dari Nusa Tenggar memiliki postur tubuh yang lebih kecil, yaitu sekitar 10-12 cm. Bulu-bulunya memiliki corak yang lebih pekat.

Branjangan yang berasal dari daerah Nusa Tenggara tidak terlalu jago berkicau, jadi kurang diminati para kicaumania.

3. Branjangan Kalimantan dan Sumatra

Dibanding dengan branjangan Nusa Tenggara, Burung branjangan dari Kalimantan dan Sumatra memiliki postur tubuh yang lebih besar.

Bulunya berwarna sedikit lebih terang, coklat agak kekuningan dan suara kicauanya cukup keras dan bervariasi.

Baca juga : Pakan Burung Branjangan

Itulah beberapa jenis burung branjangan yang populer di Indonesia, semoga sedikit informasi tersebut bisa menjadi tambahan wawasan kita. Jangan lupa simak terus Zonahewan.com untuk mendapatkan informasi seputar hewan.

Tinggalkan komentar