Jenis Burung Cililin

Jenis Burung Cililin – Cililin merupakan burung pengicau yang tergolong dalam keluarga gagak-gagakan. Ia mempunyai suara yang nyaring dengan tempo yang cepat dan rapat.

Burung cililin kerap dijadikan sebagai masteran burung pengicau lain seperti murai batu, kacer, dll. Suara nyaring cililin akan menjadi vareasi yang sangat bagus untuk burung kicau tipe fighter.

Di Indonesia ada dua jenis burung cililin yang populer. Keduanya tentu memiliki karakteristik yang berbeda-beda, baik dari segi suara maupun penampilanya.

Nah untuk sobat yang belum tahu seperti apa penampilan masing -masing jenis cililin tersebut, dibawah ini saya akan mengulasnya secara lengkap. Jadi silahkan disimak hingga selesai ya.

Jenis Burung Cililin

1. Cililin Coklat

Cililin Coklat

Seperti namanya, cililin coklat memiliki bulu yang berwarna coklat. Hampir seluruh bulunya berwarna coklat kecuali pada bagian tengkuknya yang berwarna putih.

Burung ini memiliki jambul yang menjuntai cukup tinggi berwarna kehitaman. Paruhnya berwarna hitam dan terlihat kokoh. Cililin coklat ini biasanya ditemukan di Kalimantan.

2. Cililin Hitam

Cililin Hitam

Cililin hitam biasanya ditemukan di wilayah Jawa dan Sumatra. Tubuhnya dibalut dengan warna hitam agak pudar pada bagian tubuhnya. Sedangkan pada bagian kepala warna bulunya terlihat hitam pekat dengan garis putih pada bagian tengkuk.

Sama seperti cililin coklat, cililin hitam juga mempunyai jambul yang menjuntai. Ukuran tubuhnya terlihat sama, yaitu sekitar 28 cm.

Perbedaan Cililin Coklat dan Hitam

Perbedaan kedua jenis burung cililin ini sebenarnya tidak perlu saya tuliskan, sebab sobat bisa melihat perbedaanya secara langsung dari kedua gambar diatas.

Namun untuk melengkapi informasi diatas, berikut saya tuliskan beberapa perbedaan dari cililin coklat dan hitam.

1. Daerah Asal

Berdasarkan literasi yang saya kutip dari situs Omkicau.com, cililin coklat berasal dari Kalimantan. Sedangkan cililin hitam berasal dari pulau Jawa dan Sumatra.

2. Warna Bulu

Warna bulu menjadi patokan utama perbedaan kedua jenis cililin tersebut. Cililin coklat memiliki warna bulu coklat tua, sedangkan cililin hitam memiliki warna bulu hitam.

Jenis Cililin yang Bagus untuk Pemasteran

Mana yang bagus untuk pemasteran? Sekilas suara burung cililin coklat maupun hitam terdengar sama, namun menurut para kicaumania, cililin coklat lebih rajin berkicau dengan durasi panjang, sedangkan cililin hitam khususnya yang dari Jawa tidak begitu rajin dan kicaunya pendek-pendek.

Jadi jika ditanya mana yang lebih bagus untuk dijadikan pemasteran, cililin coklat bisa menjadi pilihan utama.

Demikianlah pembahasan kita tentang jenis burung cililin dan beberapa informasi menarik lain, semoga apa yang susah saya sampaikan dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar