Makanan Burung Cililin

Makanan Burung Cililin – Cililin merupakan salah satu burung kicau yang digemari oleh para kicaumania Indonesia. Burung jenis jalak-jalakan ini memiliki suara kicau yang nyaring, cepat dan rapat.

Karena kemampuan kicau tersebut suara burung cililin sering dimanfaatkan untuk isian burung lain seperti murai batu, kacer, cucak ijo, dll.

Makanan Burung Cililin

Memiliki cililin gacor memang impian hampir semua penggemar burung, namun untuk menjadikan burung tersebut pandai dan rajin berkicau ada banyak faktor yang perlu diperhatikan. Salah satunya yaitu jenis pakan yang diberikan.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk memelihara burung cililin, sebaiknya pahami dulu jenis pakan burung cililin supaya burung bisa tumbuh sehat dan rajin berkicau.

Jenis Makanan Burung Cililin

Berikut ini beberapa rekomedasi pakan cililin yang bagus untuk pertumbuhan burung dan juga kualitas suaranya.

1. Voer

Voer merupakan pakan olahan yang dibuat dengan formula khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung. Pakan voer ini biasanya dijadikan sebagai pakan pokok burung karena dinilai lebih praktis dan memiliki kandungan nutrisi yang sudah disesuaikan.

Ada banyak jenis pakan voer cililin yang bisa sobat temukan di kios burung terdekat, salah satu merk yang terkenal yaitu Superfit.

Dalam beberapa kasus burung cililin sulit untuk makan voer, hal ini bisa disebakan karena burung belum terbiasa atau sudah bosan dengan voer yang sudah ada.

Solusinya yaitu sobat latih burung tersebut, bagi yang belum bisa silahkan baca cara melatih burung cililin makan voer dengan mudah. Apabila burung sudah ngevoer tapi tiba-tiba tidak mau makan lagi, kemungkinan dia bosan dan sebaiknya segara ganti merk voer yang lain.

2. Jangkrik

Untuk burung pemakan serangga, jangkrik merupakan jenis makanan favorit yang enak rasanya. Hampir tidak ada burug yang monolak ketika diberi jangkrik, termasuk burung cililin.

Selain karena rasanya yang enak, jangkrik juga mengandung banyak protein yang bagus untuk meningkatkan kualitas kicau burung. Oleh karena itu jenis pakan ini tidak pernah terlewatkan, baik menjadi pakan utama maupun pakan tambahan.

Nah, untuk burung cililin yang sudah memakan voer, pakan jangkrik ini hanya dijadikan sebagai pakan tambahan. Artinya sobat hanya perlu memberikan beberapa ekor saja setiap harinya.

Cara memberikan jangkrik ini tidak sebarangan ya sob, yang diberikan pada burung hanya bagian perut jangkrik saja. Jadi bagian kaki, kepala dan bulu dibuang. Selanjutnya jangkrik diletakan paa cepu pakan dan biarkan burung cililin mengambilnya sendiri.

3. Kroto

Sama seperti jangkrik, kroto diberikan pada burung cililin sebagai pakan tambahan. Kroto diyakini para kicaumania bisa meningkatkan tingkat birahi burung sehingga burung bisa berkicau lebih rajin.

Pakan kroto bisa diberikan pada pagi dan sore hari. Cara memberikanya cukup taruh kroto pada cepu tersendiri. Kroto memiliki kandungan gizi yang lengkap, sehingga bagus untuk kesehatan dan juga kualitas suaranya.

4. Buah-buahan

Masih banyak kicaumania yang ragu untuk memberikan pakan tambahan berupa buah-buahan pada burung cililin. Padahal buah-buahan juga bagus untuk kesehatan cililin.

Memang sebagian besar cililin tidak menyukai buah-buahan, namun jika dilatih secara konsisiten burung pasti akan menerimanya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Loe_Andrie dalam sharingnya di forum omkicau.

5. Vitamin

Agar burung tetap fit, sobat juga bisa memberinya vitamin seminggu sekali. Salah satu merk vitamin burung yang menjadi andalan kicaumania yaitu BirdVit. Cara pemberianya sangat mudah, yaitu dengan cara meneteskanya pada air minum si burung.

Nah, itulah beberapa jenis makanan burung cililin yang bagus untuk kesehatan dan juga kualitas suaranya. Cililin merupakan burung yang mudah mati, jadi sobat harus merawatnya dengan baik dengan cara memberikan pakan yang tepat.

Meski burung sudah ngevoer total, burung tetap harus diberi pakan tambahan seperti jangkrik, kroto, ulat hongkong, dll. Jika tidak diimbangi dengan pakan tambahan tersebut, resiko kematian pada burung cililin lebih tinggi.

Tinggalkan komentar