Jenis Burung Cipoh

Jenis Burung Cipoh – Burung cipoh dikenal juga dengan nama burung sirtu, sirpu, cito, cipo, burung kunyit, dll. Burung kecil bersuara merdu ini cukup digemari oleh kicamania Indonesia.

Sekilas penampilan burung cipoh mirip dengen burung pleci, ia berwarna hijau zaitun dengan kombinasi warna hitam, putih dan kekuningan.

Menuru informasi dari Omkicau.com, burung cipoh terdiri dari empat spesies yang hanya ditemukan di wilayah Asia Tenggara. Dua spesies diantaranya bisa kita jumpai di Indonesia.

Jenis Burung Cipoh yang Bagus
Sumber : cipman.com

Sebagai seorang yang hobi burung sebaiknya kita juga mengenal masing-masing dari spesies tersebut supaya tidak salah pilih ketika ingin memeliharanya.

Oleh karena itu dalam artikel ini saya akan membagikan informasi tentang jenis burung cipoh dan gambarnya agar mudah dipahami. Jadi silahkan simak penjelasanya berikut ini.

Jenis Burung Cipoh yang Bagus

1. Cipoh kacat / common iora (Aegithina tiphia)

Cipoh Kacat

Cipoh kacat merupakan salah satu jenis cipoh yang bisa ditemukan di Indonesia. Selain di Tanah Air, burung ini ditemukan juga di kawasan Asia Tenggara lainnya seperti di Filipina dan Malaysia.

Burung cipoh kacat memiliki posut tubuh kecil, panjangnya hanya sekitar 14 cm. Tubuh bagian atas mulai dari kepala, tengkuk, punggung hingga ekor berwarna hijau zaitun. Sedangkan tubuh bawah berwarna hijau kekuningan. Bulu sayap memiliki kombinasi tiga warna yaitu hitam, hijau dan putih bersih.

Dikalangan kicaumania Indonesia, spesies ini sangat populer dijadikan pelihara. Sebab suara burung cipoh kacat memang bagus dan enak didengarkan.

2. Cipoh jantung / green iora (Aegithina viridissima)

Cipoh jantung

Jenis burung cipoh yang ditemukan di Indonesia selanjutnya yaitu Cipoh jantung atau green iora. Jika dilihat dari penampilanya, cipoh jantung terlihat mirip dengan cipoh kacat.

Yang membedakan yaitu warnanya lebih gelap, ekor berwarna hitam dan terdapat sedikit warna kuning disekitar matanya.

Postur tubuh cipoh jantung sedikit lebih kecil dari cipoh kacat, yaitu sekitar 13 cm. Untuk pesebaran burung ini terbatas di Asia Tenggara, terutama di Indonesia dan Malaysia.

3. Cipoh ekor-putih / white-tailed iora (Aegithina nigrolutea)

Cipoh ekor-putih

Dialam liar, keberadaan cipoh ekor putih ini tidak ditemukan di Indonesia, ia hanya dapat ditemukan di wilayah India dan Srilanka.

Penampilanya mirip dengan jenis cipoh lainnya, bahkan sempat dianggap satu ras dengan cipoh kacat.

Namun setelah dikaji ulang, kedua jenis tersebut memiliki perbedaan yang cukup banyak, mulai dari morfologi, bulu dan vokalisasi sehingga digolongkan dalam ras terpisah dan diberi nama white-tailed iora atau marshall’s iora.

4. Cipoh besar / great iora (Aegithina lafresnayei)

Cipoh besar

Sama seperti cipoh ekor putih, burung cipoh besar juga tidak ditemukan di Indonesia. Wilayah pesebaran burung ini meliputi China, Kamboja, Laos, Myanmar, Vietnam, Thailand, dan Malaysia.

Cipoh besar memiliki postur tubuh yang lebih besar dari jenis burung cipoh lainya selain itu, suara kicauan burung ini sangat khas dengan tempo irama yang cepat.

Nah, itulah empat jenis burung cipoh yang ada di dunia ini. Semoga informasi tersebut bisa menjadi wawasan berharga untuk kita semua.

Jangan lupa simak terus zonahewan.com untuk mendapatkan informasi menarik lain tentang dunia hewan.

Tinggalkan komentar