Makanan Burung Prenjak

Para pecinta burung kicau tentu tidak asing dengan burung Prenjak. Burung kecil bermental baja yang sering ngotot ini sangat populer dan sering dijadikan burung masteran.

Burung prenjak termasuk dalam suku Cisticolidae, ia merupakan salah satu jenis burung pengicau yang digemari oleh para pecinta burung.

Meski berpostur kecil, prenjak memiliki suara kicau yang cukup lantang. Bahkan ketika dialam liar mereka sering bersuara ribut sembari terbang dari ranting satu ke ranting lain.

Untuk sobat yang ingin memelihara prenjak, tentu kalian harus mempelajari dulu apa saja jenis pakan yang tepat untuknya. Oleh karena itu, di Zonahewan.com ini saya akan menuliskan beberapa rekomendasi pakan prenjak. Jadi silahkan simak hingga akhir ya 😀

Makanan Burung Prenjak

Makanan Burung Prenjak

1. Kroto

Dialam liar prenjak memakan aneka serangga kecil yang biasanya bersembunyi di dedaunan pohon. Apabila memelihara prenjak hasil tangkapan liar, sobat bisa memberi makan prenjak tersebut dengan Kroto.

Disamping karena pakan alami prenjak, kroto juga mengandung protein yang tinggi sehingga bagus untuk kesehatannya. Selain itu, pakan korot juga dipercaya mampu meningkatkan kualitas suara burung prenjak.

2. Ulat Hongkong

Bagi para pecinta burung, jenis ulat ini sudah asing lagi bagi mereka. Ulat ini dapat diberikan dalam kondisi masih hidup maupun dalam keadaan kering.

Ulat Hongkong kering membuat burung prenjak lebih mundah mengonsumsi dan mencernanya. Dengan begitu, semua nutrisinya bisa diserap tubuh secara baik. Hal ini akan membuat dia bisa gacor secara optimal.

Para pecinta burung prenjak memberikan Ulat Hongkong dengan maksud agar dapat meningkatkan mental kicauannya lebih kuat dan bisa dijadikan masteran.

3. Voer

Pemberian pakan voer sangat penting untuk pertumbuhan burung prenjak. Sebab pakan ini mengandung nutrisi yang lebih lengkap dari pada kroto atau ulat hongkong.

Voer bisa membantu prenjak baik dalam pertumbuhan fisiknya maupun kepandaiannya dalam berkicau.

Namun apabila prenjak belum terbiasa memakan voer sebaiknya sobat latih secara perlahan.

Caranya yaitu dengan mencampurkan sedikit voer pada pakan utama baik itu kroto atau pun ulat hongkong.

Tingkatkan porsi voer hari demi hari hingga burung prenjak bisa memakan voer sepenuhnya. Setelah burung bisa memakan full voer, pakan kroto dan ulat hongkong menjadi pakan tambahan yang bisa sobat berikan sesekali.

Tips Merawat Burung Prenjak

1. Pemberian Pakan

Sobat tentu ingin agar burung prenjak peliharaannya sehat dan gacor, bukan? Nah untuk itu, sobat harus memerhatikan makanan burung prenjak agar selalu bersih seperti voer dan kroto. Selain itu, berilah air minum yang telah dimasak agar steril dari kuman dan bakteri.

Kualitas makanan dan minuman yang bersih dan bergizi  akan membuat burung sehat dan menjadi lebih gacor lagi.

Di samping itu, perhatikan pula kebersihan sangkarnya dari sisa makanan, kotoran, dan minumannya. Kebersihan sangkar akan menentukan kesehatan burung tersebut.

2. Pakan Tambahan

Prenjak juga harus diberi pakan tambahan organik atau alami. Makanan tersebut seperti 2 ekor jangkrik pada pagi dan sore hari. Jangkrik hanya diberikan bagian perutnya saja. Kepala dan kakinya tidak boleh diberikan.

Selain itu sobat juga bisa memberikan kroto atau ulat Hhongkong yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

3. Cara Memandikan Prenjak

Memandikan burung prenjak bisa di waktu pagi atau sore hari secara rutin. Hal ini agar burung terjaga kesehatannya dan terhindar dari kutu. Kutu tersebut akan membuat prenjak tidak nyaman. Selain itu, dengan dimandikan maka prenjak akan menjadi lebih segar dan fit.

4. Menjemur Burung Prenjak

Burung prenjak bisa dijemur pada waktu pagi atau sore hari. Waktu yang tepat adalah mulai pukul 7 sampai 10 pagi. Sedangkan pada sore hari sekitar pukul 3 hingga puluk 5.

Merawat burung Prenjak memang harus konsisten. Sobat harus tahu makanan burung Prenjak dan cara merawatnya juga. Hal itu, agar burung ini selalu sehat dan gacor sesuai dengan ekspektasi.

Tinggalkan komentar