Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina

Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina – Sebagai seorang pleci mania sobat harus tahu bagaimana cara membedakan pleci jantan dan betina. Terlebih bagi sobat yang ingin membudidayakan burung kecil tersebut.

Sama halnya dengan burung kicau lain, membedakan jenis kelamin burung pleci itu susah-susah gampang. Sobat harus teliti mengamati fisik burung tersebut dan sering berlatih agar semakin akuran dalam membedakanya.

Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina

Nah bagi sobat yang belum bagaimana cara membedakanya tak perlu khawatir, karena dalam artikel ini saya akan membagikan cara dan tips membedakan kelamin pleci secara akurat. Jadi silahkan simak dan perhatikan dengan baik artikel berikut ini.

Artikel lain : Download Suara Burung Pleci Mp3

Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina

1. Warna Bulu

Warna Bulu Pleci

Jika kita perhatikan gambar diatas, kita bisa melihat bahwa burung pleci betina mempunyai warna yang sedikit kusam dan terlihat kasar. Sedangkan warna bulu pleci jantan terlihat halus, rata dan terlihat lebih terang.

2. Lingkar Mata

Perhatikan pada lingkar mata kedua pleci tersebut dengan teliti. Burung pleci betina (kiri) mempunyai lingkar mata yang tipis dan nampak putus-putus.

Sedangkan pleci jantan (kanan) mempunyai lingkar mata yang tebal dan terlihat solid / tidak putus-putus.

3. Kloaka / Dubur

Kloaka burung pleci

Perbedaan burung pleci jantan dan betina selanjutnya bisa dilihat dari bentu kloaka atau duburnya. Cara melihatnya yaitu dengan memegang burung pleci, kemudian basahi bulu disekitar perut dan dubur, kemudia sibakan bulu-bulu yang menutupi dubur.

Burung pleci betina mempunyai bentuk dubur yang rata dengan perut, sedangkan dubur pleci jantan terasa menonjol. Cara bisa menjadi patokan yang akurat untuk menentukan pleci tersebut jantan atau betina.

4. Ukuran Tubuh

Meski sekilas terlihat memiliki ukuran tubuh yang sama, namun apabila diperhatikan dengan teliti, pleci jantan dan betina memiliki ukuran dan postur tubuh yang berbeda.

Pleci jantan biasanya mempunyau ukuran tubuh yang lebih besar dan terlihat panajng. Sedangkan ukuran tubuh pleci betina lebih kecil dan terlihat bulat.

5. Prilaku / Kebiasaan

Prilaku Pleci

Selain melihat dari ciri fisik, kita juga bisa membedakan pleci jantan dan betina dari prilaku burung tersebut.

Apabila pelci betina dan jantan kita satukan dalam kandang, biasanya pleci betina akan mengembangkan bulu-bulunya saat didekati pleci jantan dan meminta pleci jantan merapihkan bulu-bulunya.

Demikianlah 5 point yang bisa menjadi patokan untuk membedakan burung pleci jantan dan betina secara akurat. Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat dipahami, namun bila belum paham silahkan tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar