HOME
Home » Burung » Burung Pleci » Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina

Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina

Posted at Agustus 30th, 2022 | Categorised in Burung, Burung Pleci

Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina – Sebagai seorang pleci mania sobat harus tahu bagaimana cara membedakan pleci jantan dan betina. Terlebih bagi sobat yang ingin membudidayakan burung kecil tersebut.

Sama halnya dengan burung kicau lain, membedakan jenis kelamin burung pleci itu susah-susah gampang. Sobat harus teliti mengamati fisik burung tersebut dan sering berlatih agar semakin akuran dalam membedakanya.

Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina

Nah bagi sobat yang belum tau bagaimana cara membedakanya tak perlu khawatir, karena dalam artikel ini saya akan membagikan cara dan tips membedakan kelamin pleci secara akurat. Jadi silahkan simak dan perhatikan dengan baik artikel berikut ini.

Artikel lain : Download Suara Burung Pleci

Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina

1. Warna Bulu

Warna Bulu Pleci

Jika kita perhatikan gambar diatas, kita bisa melihat bahwa burung pleci betina mempunyai warna yang sedikit kusam dan terlihat kasar. Sedangkan warna bulu pleci jantan terlihat halus, rata dan terlihat lebih terang.

2. Lingkar Mata

Perhatikan pada lingkar mata kedua pleci tersebut dengan teliti. Burung pleci betina (kiri) mempunyai lingkar mata yang tipis dan nampak putus-putus.

Sedangkan pleci jantan (kanan) mempunyai lingkar mata yang tebal dan terlihat solid / tidak putus-putus.

3. Kloaka / Dubur

Kloaka burung pleci

Perbedaan burung pleci jantan dan betina selanjutnya bisa dilihat dari bentuk kloaka atau duburnya. Cara melihatnya yaitu dengan memegang burung pleci, kemudian basahi bulu disekitar perut dan dubur, kemudia sibakan bulu-bulu yang menutupi dubur.

Burung pleci betina mempunyai bentuk dubur yang rata dengan perut, sedangkan dubur pleci jantan terasa menonjol. Cara ini bisa menjadi patokan yang akurat untuk menentukan pleci tersebut jantan atau betina.

4. Ukuran Tubuh

Meski sekilas terlihat memiliki ukuran tubuh yang sama, namun apabila diperhatikan dengan teliti, pleci jantan dan betina memiliki ukuran dan postur tubuh yang berbeda.

Pleci jantan biasanya mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar dan terlihat panjang. Sedangkan ukuran tubuh pleci betina lebih kecil dan terlihat bulat.

Baca juga : Cara Ternak Burung Pleci

5. Prilaku / Kebiasaan

Prilaku Pleci

Selain melihat dari ciri fisik, kita juga bisa membedakan pleci jantan dan betina dari prilaku burung tersebut.

Apabila pelci betina dan jantan kita satukan dalam kandang, biasanya pleci betina akan mengembangkan bulu-bulunya saat didekati pleci jantan dan meminta pleci jantan merapihkan bulu-bulunya.

Demikianlah 5 point perbedaan burung pleci jantan dan betina secara akurat. Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat dipahami, namun bila belum paham silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.

Tags :

Related Post to Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina

Download Suara Burung Tengkek Udang Mp3

Suara Burung Tengkek Udang

Posted at 25 Januari 2023

Halo teman-teman, kembali lagi dengan zonahewan.com, Pada kesempatan yang baik ini mimin akan membagikan kolekis suara burung tengkek udang untuk masteran. Tengkek udang atau raja... Read More

Download Suara Burung Walet Mp3

Suara Burung Walet

Posted at 19 Januari 2023

Download Suara Burung Walet Mp3 – Walet memang bukan burung pengicau yang mempunyai suara atau bulu indah. Namun burung ini memiliki sesuatu yang bernilai... Read More

Burung Kutilang

Burung Kutilang

Posted at 16 Desember 2022

Burung Kutilang merupakan jenis burung cucak yang paling populer di Indonesia. Burung ini mudah dijumpai diberbagai daerah sebab populasinya masih terjaga. Kutilang atau Pycnonotus... Read More

burung kecil

Jenis Burung Kecil

Posted at 12 Desember 2022

Jenis Burung Kecil – Tidak hanya burung kicau bertubuh sedang saja yang memiliki suara merdu, namun ada juga burung bertubuh kecil yang suaranya tak... Read More

Makanan Burung Jalak Suren

Makanan Burung Jalak Suren

Posted at 10 Desember 2022

Makanan Burung Jalak Suren – Ketika ingin merawat seekor burung, tentu kita harus tahu apa saja jenis pakan burung tersebut, termasuk saat merawat jalak... Read More