Suara Burung Kapas Tembak

Halo sobat kicau, kali ini Zonahewan.com akan membagikan suara burung kapas tembak dalam format mp3 yang bisa kalian download dengan mudah.

Namun sebelum itu sebaiknya kita ulas terlebih dulu tentang burung ini karena masih ada beberapa informasi rancu yang berkembang di kalangan kicaumania tentang burung kapas tembak.

Banyak kicau mania yang tidak tahu bahwa burung kapas tembak memiliki nama resmi Merbah belukar. Penyebutan nama kapas tembak sudah ada sejak lama dan sudah lazin dikalangna kicaumania, bahkan menjadi nama kelas lomba.

Sebenarnya tidak ada masalah dengan penyebutan tersebut, namun sampai saat ini masih ada blog atau website yang menyebut kapas tembak dengan nama ilmiah Alophoixus bres. Padahal nama Alophoixus bres merupakan nama dari spesies burung cucak jenggot.

Memang sekilas burung kapas tembak dan cucak jenggot terlihat sama, namun kedua burung tersebut merupakan spesies yang berbeda. Oleh karena itu kita harus memahaminya agar tidak salah informasi.

Suara burung kapas tembak

Pada awalnya burung kapas tembak dipelihara untuk dijadikan burung master. Namun karena dinilai memiliki suara kicau yang bagus dan bisa dimaster dengan burung lain, akhirnya kapas tembak dijadikan sebagai burung lomba baik dalam kelas sendiri atau digabung dengan cucak jenggot.

Jika diperhatikan, suara burung kapas tembak ini terdengar mengalun cepat dengan irama yang cukup rapat. Kicau kapas tembak yang khas tersebut sering dimanfaatkan para kicaumania untuk mengisi suara burung lain seperti murai batu, lovebird dan cucak ijo.

Download Suara Burung Kapas Tembak Durasi Panjang

Nah untuk sobat yang tertarik memasterkan burung kesayanganya dengan kicau kapas tembak, kalian bisa download file audionya dibawah ini secara gratis dengan format mp3.

(0.98 MB) kapas tembak suara asli v1 | Downlaod

(1.90 MB) kapas tembak suara asli v2 | Downlaod

(0.59 MB) kapas tembak suara asli v3 | Downlaod

(3.52 MB) kapas tembak suara isian v1 | Downlaod

(0.30 MB) kapas tembak suara isian v2 | Downlaod

(1.62 MB) masteran kapas tembak | Downlaod

Baca juga : Suara Burung Cendet

Perawatan Burung Kapas Tembak Harian

Perawatan harian kapas tembak tidak jauh berbeda dari burung kicau lainya, seperti memandikan, menjemur, membersihkan sangkar, dll. Tapi jika sobat masih bingung, silahkan baca dibawah ini.

1. Pengembunan

Embunakan kapas tembak setiap jam 05.00 pagi. Caranya dengan menggantang burung diteras rumah, lebih baik jika burung langsung terkena sinar matahari saat mulai terbit. Tujuan pengembunan ini yaitu agar burung menghirup udara segar sehingga burung akan lebih rileks.

2. Memandikan Burung

Sekitar jam 07.00 pagi, burung dimandikan baik dengan cara mandi keramba atau di semprot menggunakan sprayer. Mandi sebaiknya dilakukan setiap hari supaya kebersihan dan kesehatan burung terjaga.

3. Membersihkan Sangkar

Selain menjaga kebersihan burung, menjaga kebersihan sangkar juga wajib dilakukan. Sangkar yang kotor tentu akan menjadi masalah bagi kesehatan burung, oleh karena bersihkan sangkar setiap hari.

Jangan biarkan kotoran burung menumpuk didalam sangkar. Bila perlu semprot sangkar menggunakan desinfektan khusus kandang burung agar lebih steril.

Sediakan juga buah-buahan seperti pisang dan pepaya. Selain itu, bersihakn cepu air minum dan ganti airnya dengan yang baru.

4. Diangin-anginkan

Setelah burung mandi, kemudian burung diangin-anginkan agar bulunya sedikit kering. Cara mengangin-anginkan burung sangat mudah, cukup gantung di depan teras.

Saat diangin-anginkan burung diberi pakan tambahan berupa 3 jangkrik atau 3 ulat hongkong. Sedangkan kroto bisa sobat berikan dua kali dalam seminggu dengan porsi satu cepu / pemberian.

5. Dijemur

Setelah bulu terlihat agak kering, burung dijemur secukupnya. Saat dijemur sebaiknya pakan dan minuman tetap disediakan.

Jika dirasa sudah cukup, pindah burung ke tempat yang teduh dan bisa sobat latih dengan suara masteran.

Pada sore hari sangkar burung dibersihkan lagi dari kotoran yang ada, kemudian burung diberi pakan tambahan lagi berupa 3 ekor jangkrik dan 3 ekor ulat hongkong. Selanjutnya burung dikerodong untuk istirahat.

Lakukan pola diatas setiap hari secara konsisten agar burung sehat dan gacor. Semoga pembahasan kita tentang suara burung kapas tembak mp3 dan cara perawatanya dapat bermanfaat. Sekian dari saya, salam kicau.

Tinggalkan komentar