Cara Membedakan Burung Gereja Jantan dan Betina

Cara Membedakan Burung Gereja Jantan dan Betina – Beberapa tahun terakhir peminat burung gereja terus meningkat. Jenis burung kecil yang sering terlihat disekitar rumah ini kerap dijadikan sebagai master burung kicau lain.

Kemampuan kicaunya memang tidak sebagus burung fighter seperti murai batu, kecer dan lainnya, namun suara kicau burung gereja bisa menjadi salah satu isian yang menarik.

Burung gereja ini sama dengan burung kicau lain, yang memiliki suara merdu yaitu burung gereja jantan. Sedangkan suara betina terdengar monoton seperti suara panggil saja.

Jadi untuk sobat yang ingin memelihara burung gereja untuk masteran, pastikan kalian memilih yang berjenis kelamin jantan.

Lalu bagaimana cara membedakan burung gereja jantan dan betina? Ada beberapa cara untuk mengetahuinya. Kita bisa melihatnya dari perbedaan fisik maupun dari suara kicaunya.

Namun untuk pemula lebih mudah membedakanya dari segi fisik. Untuk sobat yang ingin mempelajari caranya, silahkan simak artikel berikut ini.

Cara membedakan burung gereja jantan dan betina

Cara Membedakan Burung Gereja Jantan dan Betina

Berikut ini beberapa perbedaan burung gereja jantan dan betina dari segi fisik :

  • Postur burung gereja jantan terlihat lebih besar dibandingkan tubuh betina.
  • Warna kepala burung gereja jantan telihat coklat kemeran-merahan. Sedangkan kepala betina berwarna coklat kusam.
  • Pada bagian pipi burung gereja jantan terdapat bulu hitam yang tegas/pekat. Sedangkan bulu pipi betina terlihat hitam kusam cederung abu-abu.
  • Bulu pada tenggorokan burung gereja jantan terlihat hitam pekat. Sedangkan bulu pada tenggorokan betina terlihat hitam kusam sama seperti bulu pada pipinya.
  • Paruh gereja jantan berwarna full hitam. Sedangkan pada gereja betina berwarna kecoklatan.
  • Bulu punggu pada gereja jantan berwarna coklat cerah, sedangkan bulu punggung betina terlihat lebih kusam.
  • Garis-garis putih pada ujung bulu sayap gereja jantan terlihat cerah, sedangkan pada ujung bulu sayap betina terlihat kusam atau kekuningan.

Baca juga : Cara Menjinakan Burung Gereja

Dengan memperhatikan pebedaan diatas sobat bisa membedakan jenis kelamin burung gereja dengan mudah dan akurat. Demikianlah pembahasan kita tentang cara membedakan burung gerja jantan dan betina, semoga bermnfaat.

Tinggalkan komentar