Cara Mengusir Burung Gereja di Dalam Rumah

Cara Mengusir Burung Gereja di Dalam Rumah – Burung Gereja merupakan burung kicau kecil yang berasal dari keluarga Passeridae.

Burung ini memiliki habitat disekitar kota-kota atau desa yang padat penduduknya. Mereka biasanya menempati rumah-rumah atau pohon untuk membuat sarang.

Burung gereja ini sering sekali muncul pada pergantian musim. Kemunculanya biasanya pada musim panas atau kemarau menuju musim penghujan.

Pada musim kemarau burung gereja akan membuat sarang yang nantinya ketika musim hujan ia akan mendiami sarang tersebut.

Sarang burung ini biasanya dijumpai di atap-atap rumah atau disela-sela genteng. Karena hal tersebut biasanya dibawah sarang akan mejadi kotor, baik karena rumput yang dibawa si burung atau karena kotoran burung itu sendiri.

Untuk kamu yang mungkin kesal ataupun risih melihat burung tersebut mendiami rumah kamu, kamu bisa mengusirnya dengan cara-cara yang simple dan sangatlah mudah dilakukan. Berikut ini cara mengusir burung gereja yang bersarang di dalam rumah.

Cara Mengusir Burung Gereja di Rumah

1. Pindahkan atau Buang Sarang Burung Gereja

Sarang Burung Gereja

Cara pertama yang berguna untuk mengusir brung gereja yang cukup efektif yaitu dengan cara memindahkan atau membuang sarang burung tersebut yang ada di dalam rumah.

Karena apabila kita memindahkan atau membuang sarang burung tersebut maka ketika burung tersebut kembali kesarangnya dan melihat sarang sudah tidak ada maka ia akan pergi dari rumah.

Namun perlu diperhatikan bahwa sarang tersebut biasanya terletak dicelah-celah genteng yang sempit dan pastinya cukup tinggi dari rumah, kamu perlu memanggil seseorang yang berani naik untuk mengambilnya.

Setelah diambil kamu harus langsung memindahkan atau membuang sarang tersebut jauh-jauh. Jangan lupa ketika mengambil gunakanlah penutup hidung karena pastinya banyak debu yang akan menagganggu ketika di atap rumah.

2. Gunakan Burung Hantu Buatan

Burung Hantu Buatan

Banyak hal yang dapat kamu gunakan untuk membuat burung gereja pergi, salah satunya yaitu dengan alat pengusir burung, seperti patung burung hantu yang pasti akan membuat si burung gereja ketakutan dan pergi.

Cara menggunakan patung ini cukup mudah, yaitu dengan meletakan patung burung hantu tersebut diatas rumah seperti di genteng rumah yang menjadi tempat masuk si burung geraja ke sarang atau kamu bisa juga meletakkannya di sekitar sarangnya.

Kenapa menggunakan patung burung hantu? Karena burung geraja tidak bisa membedakan predator yang asli atau buatan, burung gereja melihat bentuknya saja karena bentuk burung hantu cukup besar dan sedikit seram akan membuat burung gereja kabur dan tidak akan masuk lagi.

3. Menggunakan Kapur Barus

Mengusir Burung Gereja dengan Kapur Barus

Kapur barus ini berbeda dengan kapur yang sering kita gunakan untuk menulis di papan, kapur barus ini sering kita temui untuk diletakkan di lemari. Selain diletakkan dilemari kapur barus ini juga sangat berguna untuk mengusir burung gereja.

Kapur barus memiliki bau yang sangat tidak disukai oleh si burung gereja tersebut. Cara untuk menggunakannya cukup mudah kamu hanya perlu meletakkan beberapa butir kapur barus di sarang burung gereja, maka burung gereja tersebut akan pergi dan tidak kembali lagi.

4. Gunakan Perangkap Burung

Perangkap Burung ini pastinya digunakan untuk menangkap si burung agar nantinya bisa dilepaskan di tempat yang lebih jauh agar tidak kembali masuk ke rumah.

Untuk cara ini kamu memerlukan sebuah perangkap burung yang dapat dibeli di toko burung atau bisa meminjamnya ke teman yang memilikinya. Caranya cukup mudah kamu hanya perlu memancingnya dengan makanan. Apabila burung tersebut masuk maka perangkap tersebut akan mengunci burung gereja itu.

5. Gunakan Obat Nyamuk

Obat nyamuk juga bisa kamu gunakan sebagai alat pengusir burung, obat nyamuk yang dapat kamu gunakan seperti obat nyamuk bakar atau obat nyamuk oles.

Untuk obat nyamuk bakar kamu bisa mengarahkan asapnya ke arah sarang burung gereja yang berguna untuk mengganggu burung tersebut yang nantinya burung gereja itu akan pergi dari sarang dan tidak akan kembali lagi.

Untuk obat nyamuk oles kamu dapat menggunakannya dengan cara mengoleskan obat nyamuk tersebut ke sarangnya yang akan membuat burung tidak nyaman lagi pada sarang tersebut.

6. Gunakan Suara Pengusir Burung

Cara terakhir yang berguna untuk mengusir burung gereja yang ada di dalam rumah adalah dengan menggunakan suara-suara yang membuat burung tersebut takut, suara yang dapat digunakan adalah suara dari predator burung.

Apabila kamu sudah menemukan suara yang dapat digunakan untuk mengusir burung tersebut maka langkah selanjutnya adalah membuat suara tersebut kencang dengan menggunakan speaker dan membesarkan suara tersebut.

Baca juga :

Demikianlah beberapa cara mengusir burung gereja di dalam rumah yang sering kali membuat kita risi dan rumah menjadi kotor. Semoga cara tersebut bisa membantu kamu dalam mengatasi permasalah tersebut.

Tinggalkan komentar